​Bupati Hj. Nurhidayah: Kalau “Digali” Pelabuhan Pariwisata TNTP Bisa Meningkatkan PAD

    PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, mengatakan kalau Sektor Pariwisata, terus digali dan dikembangkan, seperti halnya Pelabuhan Pariwisata, bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Hj. Nurhidayah mengungkapkan hal tersebut, lantaran kini Pelabuhan Pariwisata, yang tadinya di kelola Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), sekarang sudah diserahkan ke Pemkab Kobar.

    “Jadi guna upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Kobar akan menggelola Pelabuhan Pariwisata sebagai penyeberangan menuju Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP),” ungkap Hj. Nurhidayah, kepada sejumlah awak media.

    Menurutnya, Pemkab Kobar melalui sejumlah dinas terkait akan terus berupaya untuk menggali sektor yang bisa meningkatkan PAD. Salah satunya dengan menggelola Pelabuhan Pariwisata.

    “Pelabuhan pariwisata yang dipergunakan untuk penyeberangan akan kita kelola. Ini upaya untuk meningkatkan PAD Kobar,” kata Nurhidayah usai acara pelantikan kades Sungai Bakau Kecamatan Kumai.

    Seperti diketahui bahwa adanya perubahan SOPD yang baru, Dinas Kehutanan ditarik Provinsi Kalimantan Tengah. Sehingga aset tersebut yang masih dikoordinasikan dengan Dinas Kehutanan Provinsi.

    Maka masih ada aset yang perlu kita koordinasikan. Sehingga nanti statusnya bisa menjadi milik Pemkab Kobar. Dengan begitu, nantinya pengelolaan pelabuhan akan diserahkan kepada SOPD yang terkait. Baru secara bertahap pembenahan akan dilakukan, untuk memperbaiki sejumlah fasilitas yang dianggap kurang.

    (man/beritasampit.co.id)