​Prof. Dr.Birute Mary Galdikas: “Sangat Mendukung Peningkatan Sarana dan Prasarana Pelabuhan Pariwisata”

    PANGKALAN BUN – Prof. Dr.Birute Mary Galdikas, yang kini usianya semakin ‘senja’ 70 tahun lebih, Presiden Orangutan Foundation International (OFI), yang juga Presiden Yayasan Orangutan Internayional Kalimantan (YOIK), sangat mendukung kepada Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah, yang siap melalui dinas terkaitnya akan meningkatkan sarana dan prasarana Pelabuhan Pariwisata.

    “Oh ya, itu sangat bagus sekali dan kami sangat mendukungnya kepada Bupati Hj. Nurhidayah,” jawab Birute, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, melalui telephon selulernya Kamis (13/7/2017).

    Menurut Birute, yang kini masih aktif mendampingi tamu-tamu dari luar negri, untuk berkunjung ke TNTP,mengatakan, kunjungan turis wisata dari mancanega, atau turis lokal setiap tahunnya, semakin meningkat.

    “Mereka (turis.red), atau turis lokal selama ini yang berkunjung ke Taman Nasioan Tanjung Puting,menggunakan alat transportasi kapal klotok”,kalau semua pelabuhan parawisatanya dikelola,secara baik,maka bisa meningkatkan Pajak Asli Daerah (PAD). Langkah bupati sangat bagus, sekalilagi saya siap mendukungnya,” aku Birute, yang sudah 46 tahun lebih terus peduli terhadap kehidupan Orangutan.

    Ditambahkan Birute,peningkatan sarana dan prasarana Pelabuhan Pariwisata, kalau dikembangkan. Bukan saja, akan meningkatkan PAD, tapi juga akan meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Kumai, khususnya mereka yang bekerja di kapal klotok.

    Terpisah, Syahroni yang sudah biasa mengemudikan kapal klotok, mengatakan,kini kelengkapan dikapalnya sudah semakin lengkap. “Termasuk, semua menu makanan untuk turis mancanagera sudah disiapkan, tinggal pesan apa,kami sediakan selama kunjunganke TNTP. Dan saya sangat setuju,kalau nanti sarana Pelabuhan Pariwisata,semakin dibagus kan,” ujarnya, kepada beritasampit.co.id.

    (man/beritasampit.co.id)