​Halikinnor Gantikan SHD Buka Musda 2 DAD Kotim

    SAMPIT – Musyawarah Daerah (Musda) yang di laksanakan pada hari ini, Sabtu (15/7/2017) resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur, Halikinor, sore tadi.

    Dalam jadwalnya, pembukaan secara resmi Musda 2 Dewan Adat Dayak (DAD) dibuka oleh Bupati Kotim H. Supian Hadi S.Ikom, dan Wakil Bupati HM. Taufiq Mukri berhalangan, maka diwakili oleh Plt Sekda Kotim Halikinnor.

    Dari pembukaan Musda tersebut dihadiri oleh perwakilan TNI, Polri, 17 kecamatan sekabupaten Kotawaringin Timur seperti Kepala adat, Damang, hingga Camat dan DAD Provinsi Kalteng.

    Halikinnor membacakan sambutannya menyampaikan Dewan Adat Dayak Kotim, diharapkan dapat menjaga dan memelihara semangat untuk mempertahankan nilai-nilai adat dan tradisi.

    “Untuk itu kepada segenap pengurus DAD, saya berpesan bahwa dalam melaksanakan dan mengemban misi dan tradisi budaya adat dayak. Kita harus sadari bahwa tuhan menciptakan kita dengan berbeda-beda serta bersuku-suku. Agar mereka saling kenal mengenal satu sama lain sehingga kita bisa menerapkan hukum adat di Kotim,” tegas Halikin.

    Sementara itu, Ketua Panitia Musda, H. Maslan Jailani mengucapkan selamat kepada Halikinnor menjadi Plt Sekda. “Kami DAD sepenuhnya mendukung Halikin menjalankan tugasnya sebagai Plt Sekda,” ungkap singkatnya .

    Disisi yang sama Ketua DAD Provinsi Kalteng, H. Agustiar Sabran diwakili oleh Wakil Ketua DAD Provinsi dalam sambutannya mengatakan bahwa orang dayak harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Bagi saudara- saudara dari luar daerah agar menghargai adat istiadat di Kalimantan.

    Ia juga meminta kepada partai politik untuk mengkomodir kepala daerah asli dayak, kearifan lokal harus di ajarkan sejak dini untuk anak putra daerah untuk menjaga budaya dan SDA Kalimantan, kepada damang dan kepala daerah diiumbau untuk menjaga SDA untuk menjaga keasrian.

    “Kita harus mencerminkan Huma Betang. Penerimaan ASN harusnya DAD yang mempersiapkan dan mempertimbangan penerimaan. Semoga ini bisa ditindak lanjuti,” pungkasnya.

    (jmy/beritasampit.co.id)