​Ini yang Dinilai Dalam Seleksi Tambahan Balon Kades Lebih 5 Peserta

    SAMPIT – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) 2017, diikuti 79 desa dijadwalkan Panitia Pilkades Kabupaten (Panpilkab) tanggal 21 Oktober nanti.

    Saat ini, tahapan tersebut masih dalam masa penjaringan bakal calon (Balon) Kades di semua desa yang menyelenggarakan Pilkades. Dan dalam peraturan Kementrian Dalam Negeri (Permendagri) tentang Pilkades bahwa Balon kades harus berjumlah minimal 2 orang dan maksimal 5 orang setiap desanya.

    Jadi timbul pertanyaan, seandainya Balon kades lebih dari 5 bagaimana, apa kah boleh ? Marslam Bernando Umar, Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Desa di Dinas Pemberdaya Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim, Kamis (20/7/2017), menjekaskan terkait hal ini.

    Ujar Dia, sesuai aturan Permendagri Balon kades yang berjumlah lebih dari ketentuan, maka akan dilakukan seleksi tambahan yan dilakukan Panpilkab untuk menyaring hingga terpilihnya 5 orang Balon sesuai aturan. “Jika lebih dari 5, maka akan dilakukan seleksi tambahan secara tertulis,” sebut Umar.

    Ada pun yang dinilai, Umar mengatakan ada 3 poin penting untuk menentukan balon tersebut lolos seleksi tambahan, yang pertama berupa pengalaman kerja di lembaga desa, kedua tingkat pendidikannya dan yang ketiga usianya. “Dari ketiga syarat tersebut, ada nilainya masing-masing dan itulah akan menentukan Balon kades nantinya,” tutupnya.

    (fzl/beritasampi.co.id)