​201 Perkara Pidana Umum Tuntas, Ini Komentar Kajari Kotim Wahyudi

    SAMPIT — Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur (Kotim) telah berhasil menuntaskan 201 perkara pidana umum (Pidum) Kepala Kejari Kotim, Wahyudi.SH.M.Hum mengatakan, 201 perkara sudah kami selesaiakan selama enam bulan ini.

    Ini merupakan jumlah perkara sejak awal Januari sampai Juli 2017. “Tingginya angka kejahatan di Sampit terutama dalam penyalahgunaan narkoba menjadi keprihatainan kita semua, statistik perkara yang ada di aparat penegak hukum.

    Dari perspektif kriminologi dikatakan seperti sebuah fenomena gunung es. Yang tercatat hanya bagian gunung es yang timbul ke permukaan, Yang tidak tercatat mungkin saja lebih besar lagi angkanya,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Wahyudi, Sabtu (22/7/2017) melalui via Phone.

    Untuk kasus yang dituntaskan itu didominasi kasus narkotika, di mana ada 44 perkara, pencurian 31 perkara, UU Perkebunan 26 perkara, UU Kesehatan 23 Perkara, UU Kehutanan 11 perkara.

    Penggelapan 10 perkara, UU Perlindungan anak sembilan perkara, UU Darurat sembilan perkara, Migas lima perkara, pengeroyokan lima perkara, penganiayaan lima perkara, laka lantas empat perkara, penipuan empat perkara, pencurian dengan kekerasan empat perkara.

    Pembunuhan tiga perkara, perjudian tiga perkara, pemalsuan surat dua perkara, dan masing-masing satu perkara kasus penadahan, pertambangan dan KDRT.

    (im/beritasampit.co.id).