​Disela Kesibukannya Hj. Nurhidayah Blusukan Ke Pertanian Desa

    PANGKALAN BUN – Disela kesibukannya acara pemerintah, Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, yang tak mengenal lelah masih bisa menyempatkan diri untuk ‘blusukan’ alias inspeksi ke beberawa wilayah pertanian di sejumlah desa.

    Kemarin Selasa (25/7),blusukan ke kebun bawang merah di Desa Purbasari. Rabu (26/7/2017) Bupati melanjutkan inspeksi ke wilayah Desa Kumpai Batu Atas kecamatan Arut Selatan. Langsung melihat dari dekat lahan pertanian dan dialog dengan masyarakat petanisetempat.

    “Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memetakan potensi-potensi yang dimiliki oleh berbagai Desa di Kobar. Tidak hanya bawang merah, yang di Desa Purbasari, tapi juga desa-desa di Kabupaten Kobar, berpotensi untuk pengem bangan komoditas tanaman pangan lainnya,” kata Hj. Nurhidayah, saat dibincangi sejumlah awak media di lokasi.

    Menurut Hj. Nurhidayah, dirinya siap mendukung para petani untuk mengembangkan tanaman pangan baik itu sayur-sayuran maupun buah-buahan. “Hal ini memang menjadi prioritas di masa kepemimpinan kami, yang telah tertuang di salah satu misi/program kerja kami, yaitu mendorong penguatan kemandirian ekonomi yang berbasis pada pertanian dalam arti luas,” ungkapnya.

    Ditegaskan Nurhidayah, dia berpesan kepada para petugas penyuluh pertanian di lapangan harus proaktif mendampingi,berkomunikasi dengan para petani, agar para petani  benar-benar memahami kondisi di lapangan.

    Ditambahkan Nurhidayah, Pemkab siap mendorong terbentuknya BUMDes, dimana program kerjanya nantinya dalam memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD), tidak selalu diarahkan ke bidang pembangunan fisik, namun juga diarahkan kepada pemberdayaan masyarakat dengan pengadaan peralatan penunjang pertanian.

    “Anggaran Dana Desa harus lebih terarah, porsi pembangunan fisik boleh, tapi tidak selalu menjadi prioritas utama, arahkan juga untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat, seperti lewat permodalan kelompok tani agar para petani lebih semangat dalam kemandiriannya,” beber Nurhidayah.

    (man/beritasampit.co.id)