​Kotim Siaga Bencana Asap, Tim BPBD Masih Berupaya Padamkan Api di Desa Basirih

    SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sebagaai salah salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng), yang menjadi salah satu titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terparah dalam beberapa tahun belakangan ini.

    Awal Agustus 2017 ini, titik api di Kotim bagian selatan sudah mulai bermunculan. Hal ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim bersama TNI, Polri dan instanai terkait menetapkan status dari waspada menjadi siaga darurat bencana asap.

    Desa Basirih Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) sekarang ini menjadi fokus tim pemadam Karhutla BPBD Kotim. Dari keterangan Sutoyo, Kepala Bidang (Kabid) Darurat dan Pengadaan Logistik, mengatakan bahwa kebakaran lahan yang berada di Fesa Basirih masih berupaya dipadamkan.

    “Sekarang luasan lahan yang terbakar mencapai 80 hektare, meluas 30 hektare dari sebelumnya yang hanya 50 hektaran, dan kami berjumlah 19 personil masih berupaya memadamkanya,” ujar Sutoyo, Minggu (6/8/2017).

    Memang sebelunya dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H. Asan Sampit menyatakan Kotim sudah memasuki kemarau dan ditetapkan status darurat asap.

    (fzl/beritasampit.co.id)