Dewan Minta Kekurangan Tenaga Dokter Bisa Diatasi

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada pihak Pemeringah Kabupaten (Pemkab) Seruyan agar dapat mengatasi kekurangan tenaga medis khususnya tenaga dokter pada beberapa Puskesmas yang ada di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Seruyan.

    Hal itu diungkapkan Ketua Komisi C DPRD Seruyan Muhtadin, kepada wartawan, Jumat (30/12/2017) kemarin saat berada di gedung DPRD Seruyan.

    Menurut politisi Partai Gerindra ini, pemenuhan tenaga medis khususnya tenaga dokter untuk di tempatkan di beberapa Puskesmas yang ada di beberapa kecamatan sangat penting sekali untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

    Karena, tenaga medis seperti halnya tenaga dokter ini mempunyai peranan penting dalam memeriksa kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat di suatu kecamatan.

    “Tenaga dokter ini sangat dan sangat diperlukan sekali dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, apalagi yang namanya Puskesmas itu memang seharusnya memiliki tenaga dokter. Sehingga, warga yang ingin berobat bisa terlayani, kalau memang masih bisa ditangani di Puskesmas, maka warga tidak mesti Rumah Sakit. Apalagi misalnya, jarak tempuh untuk menjangkau lokasi Rumah Sakit agak jauh, tentunya akan memberatkan warga, khususnya pasien yang sangat memerlukan pelayanan kesehatan atau penanganan pengobatan dengan cepat atau segera,” terangnya.

    Dirinya yang merupakan anggota dewan dari Dapil II ini berharap, agar kedepannya Pemkab setempat melalui dinas atau instansi terkait bisa mencari solusi untuk mengatasi kekurangan tenaga dokter ini, khususnya untuk wilayah yang berada di daerah hulu. Sehingga, pelayanan kesehatan bisa tetap berjalan dengan lancar, dan masyarakat tetap bisa terlayani dengan baik.

    “Kita harapkan hendaknya kekurangan tenaga dokter ini bisa diatasi dan dicarikan solusinya, apabila ada yang perlu dibahas atau memerlukan saran pendapat dari pihak dewan, maka pihaknya siap untuk membicarakannya. Hal ini semata-mata agar masyarakat di daerah hulu khususnya dan beberapa kecamatan yang belum memiliki tenaga dokternya bisa terpenuhi semua.

    “Kita persilakan untuk berkonsultasi, agar kita bisa bersama-sama mencarikan solusi yang terbaik. Sehingga kekurangan tenaga dokter ini bisa teratasi dan pelayanan kesehatan masyarakat bisa terlayani dengan baik dan lancar,” tandasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)