Bupati Kapuas Buka Mamapas Lewu di Desa Anjir Kalampan

    KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT membuka kegiatan Mamapas Lewu atau Bersih Kampung yang digelar warga Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, di halaman gereja Katholik Santo Volius setempat, Senin (8/1/2018).

    Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan ketumbung oleh Ben Brahim itu dihadiri Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak, sejumlah anggota DPRD Kapuas, dan Kepala SOP lingkup Pemkab setempat.

    Ben mengatakan, bahwa Mamapas Lewu adalah sebuah kegiatan yang harus diketahui oleh  generasi berikutnya. Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh tokoh adat untuk mendidik anak-anak supaya tahu tentang Mamapas Lewu.

    “Hari ini merupakan sesuatu yang sangat bahagia untuk saya karena saya bertemu kembali dengan masyarakat Kecamatan Kapuas Barat. Saya bangga dengan masyarakat yang berinisiatif menggelar Mamapas Lewu ini,” ucapnya.

    Ditambahkan Ben, ia bertekad akan tetap fokus ke infastruktur, dan  meminta kepada semua pihak agar selalu menjaga kebersamaan, tali silaturahim, serta ikatan kekeluargaan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. Karena, sambungnya, semuanya adalah bersaudara, serta yang  paling penting adalah terus bergandengan tangan untuk bersama-sama mencapai satu tujuan agar bagaimana masyarakat jadi lebih baik dan sejahtera.

    Sementara dalam laporan Ketua Panitia Supiyadi, bahwa kegiatan Mamapas Lewu bertujuan sesuai dengan niat masing-masing saat dilakukan do’a lintas agama. Dilanjutkannya, bahwa pelaksanaan Mamapas Lewu itu sesuai kepercayaan leluhur, yang akan dilaksanakan oleh petugas-petugas. Yang pada kesempatan tersebut mengundang lima basir sebagai pelaksana ritual secara adat, secara umum semuanya terlibat. (irfan/beritasampit.co.id)