Pasca Banjir, Legislator Ini Minta Dinkes Cegah Wabah Penyakit

    SAMPIT- Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Sutik mengingatkan kepada masyarakat dan dinas terkait, terutama Dinas Kesehatan dan jajarannya supaya waspada terhadap penyakit pascabanjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Cempaga Hulu dan sekitarnya.

    “Setelah banjir tentu masih ada dampak yang harus diwaspadai, terutama penyakit diare dan lainnya,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kotim, Senin (08/1/2018).

    Menurutnya, ada lima hal yang patut diwaspadai pasca banjir di antaranya, malaria, penyakit kulit, penyakit yang disebabkan oleh tikus, di antaranya murine thypus, demam, dan penyakit diare. Penyakit ini berasal dari bakteri karena banyaknya genangan air pasca banjir.

    “Oleh sebab itu kita harapkan jangan sampai pascabanjir masyarakat terserang berbagai penyakit. Ini harus diantisipasi oleh berbagai pihak terkait terutama dinas kesehatan,” ingatnya.

    Dia juga menghimbau kepada pelayan kesehatan, baik yang berada di Puskesmas Pembantu (Pustu) atau sarana pelayanan kesehatan masyarakat lainnya di Kecamatan, agar melaksanakan standar pelayanan dengan mengikuti protap, sesuai arahan Kementerian Dinas Kesehatan RI.

    Politisi Gerindra itu berharap, pascabanjir jangan sampai ada beban lain yang terjadi terhadap masyarakat di wilayah perhuluan Kabupaten Kotawaringin Timur.

    (drm/beritasampit.co.id)