Awas, Curah Hujan Februari- Maret Cukup Tinggi.. Ini Daerah Rawan Banjir di Kotim

    SAMPIT – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Haji Asan Sampit Ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Nur Setiawan mengatakan bahwa kerawanan banjir di wilayah Kotim khususnya daerah utara untuk beberapa waktu kedepan memang cukup tinggi.

    “Perlu diwaspadai untuk bulan Februari hingga Maret. Prediksi kami potensi curah hujan memang cukup tinggi. Untuk curah hujan di bulan pebruari 200 hingga 300 mm, itu di kategori menengah,” sebut Kepala BMKG Kotim, Nur Setiawan. Senin (16/1/2018)

    Ditambahkan Nur Setiawan, sedangkan bulan Maret telah diprediksi 300 sampai 400 mm, sebab itu curah yang cukup tinggi. Berbeda di bulan Mei mrendatang, yang akan ada penurunan curah hujan.

    “Untuk daerah rawan di wilayah utara Kotim yakni ada diwilayah Kotabesi, Parenggean, Tualan Hulu dan wilayah utara hingga sekitarnya,”Jelasnya

    Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim. Sutoyo, mengatakan bahwa banjir di 2018 meningkat, dibanding berbeda di tahun 2017.

    “Untuk itu masing-masing instansi harus mengambil bagiannya untuk kerjasama agar menangulangi bencana yang akan datang. Kita akan segera menyusun untuk SK bupati dan instansi terkait agar berkoordinasi dengan kecamatan dalam membidangi bencana alam di Kotim,” ujar Sutoyo

    Sutoyo juga meminta kepada Kecamatan yang wilayahnya terdampak banjir untuk melibatkan perusahaan agar membantu.

    Sutoyo berharap pihak perusahaan juga membuat jalur evakuasi sebagaimana yang telah diusulkan dalam rapat koordinasi.

    (jmy/beritasampit.co.id