Taman Religi Kasongan Ini Menjadi Pertanyaan Masyarakat, Kenapa Ya?

    KASONGAN – Taman Religi Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, merupakan salah satu taman yang digemari oleh masyarakat setempat maupun masyarakat luar daerah. Pasalnya, taman ini menyediakan berbagai tempat bermain bagi anak-anak, tempat bersantai saat sore hari, dekat dengan sebuah masjid, serta pemandangan yang langsung menghadap Daerah Aliran Sungai Katingan, sehingga membuat taman ini lebih indah dan sejuk.

    Tetapi taman ini masih belum dibuka untuk umum, karena masih belum diresmikan oleh pemerintah daerah. Oleh sebab itulah menjadi pertanyaaan masyarakat Katingan kapan Taman Religi Kota Kasongan ini diresmikan.

    Taman yang dibiayai dari uang masyarakat Katingan yang berjumlah sekitar Rp 25 Miliar ini, kabarnya sudah selesai 100 persen, dan bahkan sudah diserah terimakan dari rekanan yang mengerjakannya kepada Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan setempat pada akhir tahun 2017 yang lalu, tapi sampai sekarang belum juga diresmikan.

    Pengunjung Taman Religi Kota Kasongan, Kaspul Anwar (25) mengatakan, dirinya ingin sekali menikmati taman tersebut. Sesuai dengan janji para pemda, bahwa taman tersebut memang untuk dinikmati oleh masyarakat Katingan.

    “Karena, uang untuk membangun taman tersebut adalah uang rakyat Katingan, sehingga sangat wajar jika masyarakatnya mempertanyakan kapan diresmikan taman ini. Karena Taman Religi yang dipinggir Daerah Aliran Sungai Katingan tersebut sampai saat ini masih terkunci sehingga masyarakat tak bisa menikmati keseluruhannya,” ujarnya, Rabu (17/1/2018).

    Terpisah, kepala Dinas Perkimtan Krisolit Elbaar saat dikonfirmasi membenarkan bahwa taman tersebut sudah selesai 100 persen dan hingga sekarang belum diresmikan.

    “Awalnya mau diresmikan pada Kamis (11/1/2018) kemarin. Undangan pun sudah mau dicetak dan segala persiapan sudah disiapkan. Namun, tiba-tiba dilakukan pendundaan,” kata Krosolit.

    Menurutnya, penundaan itu lantaran ada rencana dari Pemkab Katingan untuk bersamaan dengan peresmian jembatan Kalanaman di Desa Banut Kalanaman, Jalan Tjilik Riwut Km 12, Kecamatan Katingan Hilir.

    “Yang jelas, kita tunggu saja keputusan Bupati Katingan, kapan bisa diresmikan,” jelas mantan kepala Dinas Kehutanan ini.

    (ar/beritasampit.co.id)