Tanpa Izin Jual Zenith, Acil Warung di Desa Hampalit Diringkus Polisi

    Editor: A. Uga Gara

    KASONGAN – Heppy alias mama Eger (37), warga Desa Petak Bahandang, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan diringkus oleh jajaran Polsek Katingan Hilir, Senin ( 22/1/2018) sekitar pukul 14.00 wib.

    Mak gendut ini ditangkap Polisi di Jalan Pembangunan RT.26 Baun Bango, Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir setelah kedapatan transaksi obat-obatan jenis zenith dan pil PCC. Dari tangan tersangka, Polisi menyita 81 butir zenith dan 16 butir pil PPC. Selain itu, Polisi juga mengamankan uang tunai sebesar Rp. 370 ribu.

    Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha S.I.K melalui Kapolsek Katingan Hilir IPTU. Nurheriyanto Hidayat, S.H mengatakan, Heppy terendus setelah srbelumnya Polisi menangkap pembeli bernama Muhammad Gilang Syaifullah.

    Dari nyanyian Gilang, beber Nurheriyanto, kemudian pihaknya menggeledah warung Heppy alias Mama Egar. “Dari tangan Gilang di amankan 10 butir zenith. Sedangkan dari warung Heppy diamankan zenith sebanyak.71 butir, 16 butir pil PPC dan uang tunai sebanyak Rp. 340 ribu,” beber Hidayat.

    Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, penjual dan pembeli dibidik dengan Pasal 197 dari Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009.

    “Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 1, 5 Miliar,” tukasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)