Pabrik Tekstil Berskala Besar Dibangun di Kapuas

    KUALA KAPUAS – Letaknya yang dinilai sangat strategis, Kabupaten Kapuas mulai dilirik investor. Rencanya, investor itu akan mendirikan pabrik tekstil berskala besar.

    Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, mengatakan, adanya keinginan investor untuk mendirikan perusahaan tekstil berskala besar itu berawal ketika pihak investor dari PT Naga Buana yang direkturnya bernama Gunawan datang menemui ia di rumah jabatan beberapa waktu yang lalu.

    “Dia bersama rekannya datang seperti layaknya orang bertamu biasa. Saya pun tidak kenal, saat saya tanya ternyata mereka adalah investor yang berniat akan membuka pabrik tekstil berskala besar di Kapuas,” ujarnya, kepada beritasampit.co.id, di Kota Kuala Kapuas, Kamis (25/1/2018).

    Lanjut Ben, alasan pihak investor mau berinvestasi lantaran letaknya Kabupaten Kapuas dinilai strategis. Diantaranya memiliki sungai besar, dekat dengan laut, dan memiliki lahan yang luas.

    Dengan alasan itu, sambungnya, pihak investor semakin mantap untuk berinvestasi di Kapuas. Mereka itu pun meminta Kapuas menyiapkan lahan sekitar 2.000 hektare untuk lokasi pembangunan pabrik tersebut.

    “Dengan adanya pembangunan ini, saya pun sudah mulai mendorong masyarakat untuk menanam pohon sengon. Karena pabrik ini nantinya memerlukan sengon sebagai bahan bakunya,” ujar Ben.

    Tambahnya, pihak investor itu pun menjelaskan bahwa kalau menanam sengon hanya butuh waktu 5 tahun sudah bisa dijual. “Harga saat ini per hektarenya Rp500 juta. Bayangkan saja, kalau kelompok tani menanam 10 haktare sengon maka akan mendapatkan hasil Rp 5 miliar,” terang mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng itu.

    Dia melanjutkan, nantinya pabrik itu akan membeli sengon dari kebun masyarakat. Selain membeli sengon dari masyarakat, katanya, mereka juga akan membentuk sistem kerjasama, yakni mereka membantu bibit sengon ke masyarakat.

    “Dan kalau sudah besar mereka yang akan membelinya. Makanya saya mengajak masyarakat tanam sengon, nanti alat pertanian seperti tractor dan lainnya, pihak pemerintah yang akan membantu,” ucap Ben.

    Tentunya, terang Ben, dengan adanya perusahaan tekstil berskala besar itu menjadi prospek prospek besar terhadal Kabupaten Kapuas. “Dengan tujuan utamanya tentu Kapuas akan semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera,” tukasnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)