Sampah di Sekitar Komplek Perumahan Sulit Diatasi, Kenapa?

    PANGKALAN BUN – Keberadaan sampah terus menjadi pembicaraan pemerintah, juga warga. Sebab, keberadaan sampah sulit di atasi, seperti di sejumlah komplek perumahan yang kini sedang marak dibangun di wilayah Pinggiran Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar.

    Pengamatan beritasampit.co.id, saat keliling ke beberapa komplek perumahan, masalah sampah ini banyak dibicarakan warganya. Seperti di komplek perumahan Beringin Rindang dan Buah-Buahan, Desa Pasir Panjang. Warganya kalau mau buang sampah agak kebingunan karena tidak memiliki tempat sampah yang tetap.

    “Iya pak, seenak udelnya saja dari dulu buang sampah dilahan punya saya, kalau sampah sudah kena hujan bau busuk. Dan sudah dipasang sanduk larangan tetap saja sampah dibuang disini”, kata Burhan, yang lahan dijadiakan tempat buang sampah sembarangan, Sabtu (27/1/2018).

    Menurut Burhan, alternatif untuk menertibkan sampah di komplek perumahan, sebaiknya Pemkab Kobar mendirikan khusus bak sampah yang permanen.

    “Bak sampah dari tembok misal ukuran 3 kali 4 meter dibangun ditempat yang strategis, di masing-masing komplek perumahan. Kemudian, pihak Dinas Lingkungan Hidup mendata jumlah bak sampah yang yang ad di komplek perumahan kemudian diangkut oleh truk-truk sampah, nah itu kan gampang saja kalau mau dikerjakan”, ujarnya.

    (man/beritasampit.co.id)