Juara Rebana Tingkat Provinsi Meriahkan Penutupan MTQ di Kecamatan MB Ketapang

    SAMPIT – Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 Kecamatan Mentawa Baru (MB) Ketapamg di Jalan Teratai 5 berlangsung meriah meski sempat di guyur gerimis.

    Namun tetap berlangsung dengan meriah, pembagian hadiah cabang lomba hingga penampilan khafilah adalah acara yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat. Senin (29/1/2018)

    Penutupan tersebut ditutup secara resmi oleh camat MB Ketapang Ahmad Sarwo Oboi.

    Menurutnya MTQ kali ini berhasil dalam penyelenggaraan sekaligus dalam prestasi.

    Namun ada yang lebih menyita perhatian penonton saat akan penutupan, yakni tim rebana klasik yang sempat menghipnotis penonton saat itu, yakni group rebana, Al Iman Putra Kecamatan MB Ketapang.

    Tim rebaba yang beranggotakan 11 orang itu menunjukan penampilannya di atas panggung MTQ.

    Pembina group rebana, Jainudin menyebutkan bahwa anak asuhnya tersebut pernah menyabet gelar juara pertama tingkat Provinsi Kalteng sebanyak 2 kali. Yakni di tahun 2015 dan 2016, sedangkan di tahun 2017 turun ke posisi 2.

    Dari penampilan tim rebana itu berlangsung selama sekitar 13 menit. Jainudin mengungkapkan bahwa rebana klasik yang ditampilkan pada malam penutupan MTQ ini adalah merupakan salah satu cabang lomba yang diadakan oleh lembaga seni Qasidah Indonesia dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional.

    “Rebana merupakan bentuk penyajian lagu qasidah islami menggunakan alat pukul yaitu sejenis rebana yang memiliki karakteristik dan harmonisasi unik dengan mengiringi lagu qasidah berbahasa Arab dan bahasa Indonesia,” ucap Jainudin

    Jainudin juga menjelaskan bahwa rebana klasik memiliki cabang, seperti rebana klasik Putri, rebana klasik Putra, tingkat Anak, Remaja hingga Dewasa.

    (jmy/beritasampit.co.id)