Mantap..! PT. Korintiga Hutani, Genjot Pembangunan Jalan Desa Sudah 74 Persen

    PANGKALAN BUN – Empat Perusahaan Besar Swasta (PBS), yang telah sepakat membangun jalan desa sepanjang 70 Km di Kecamatan Arut Utara (Aruta), bak para pembalap Moto GP.

    Sebab, mereka berlomba untuk membangun daerahnya dengan cepat.

    Sebut saja PT.Korintiga Hutani (KTH). Perusahaan ini boleh dikatakan paling terdepan dan cepat, dalam mengenjot pembangunan penanganan pembukaan jalan sepanjang 15.842 meter.

    Hingga Pada 15 Januari 2018 lalu, pembangunnaya sudah mencapai 74,42 %.

    Sementara itu 3 PBS lainnya, berdasarkan proges kemajuan fisik pekerjaan sampai 15 Januari 2018, yakni PT. Astra Group, yang ditentukan membangun jalan desa sepanjang 32.500 km.

    Salah satnunya PT Astra Group. Pada 15 Januari 2018 lalu telah membangun jalan dengan progres sudah mencapai 23,72 persen lebih lamban.

    Selain itu PBS selanjutnya yakni PT.BJAP telah membangun jalan sepanjang 16.500 meter yang mana proses pembangunanya baru mencapai 12,38 persen.

    kemudian yang terakhir yakni PT.Ensbury Kalteng Mining. Denga membangun jalan sepanjang 7.500 meter. Hingga sekarang progres pembangunan baru mencapai 18,32 persen.

    Dr.Joni Gultom,ST Kabid Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Kobar. Saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Selasa (30/1/2018), membenarkan bahwa ke 4 PBS tersebut telah membangun ruas jalan penghubung di wilayah Aruta Utara, yang mana proyeknya masih bejalan untuk tahap proses penyelesaian.

    “Mereka,keempat PBS yang mulai bekerja 9 Agustus 2017 membuka jalan desa sepanjang 70 km di Kecamatan Arut Utara. Bukan balap-balapan seperti MotoGP, tapi mereka sedang melaksanakan kesepakatannya, ” ujar Joni Gultom.

    Kemudian lagi, lanjut Gultom, berdasarkan surat perjanjian kerjasama yang ditandatangani bersama dengan Bupati Kobar Hj.Nurhidayah, Rabu 9 Agustus 2017 tahun lalu.

    Telah disepakati dan ditetukan, masing-masing PBS untuk membangun jalan desa di Aruta Utara tersebut.

    ”Sehubungan cuaca belum bersahabat ditambah medan atau lokasi untuk membuka jalan cukup terjal, mereka (Keempat PBS) realisai pekerjaannya, dalam persentasinya tidak bias sama, karena disebabkan factor cuaca.

    Namun, demikin seperti telah disarankan oleh Pak Ahmadi Riansyah Wakil Bupati Kobar,saat monitoring kelapangan, beliau tetap menghimbah agar pembangunan jalan desa oleh 4 PBS segera diselesaikan dengan baik,” jelasnya

    Terpisah Rais Sugito Manajer Umum PT.KTH mengatakan, bahwa PT.KTH dalam membangun jalan desa, yang sudah mencapai 74,42 persen tersebut tidak merasa paling duluan dan paling hebat.

    “Kami melaksanakan pembangunan jalan desa, karena kewajiban yang telah disepakati bersama,” Ujar Rais.

    Dijelaskan Rais pula, pihak perusahaan siap mensukseskan program pembangunan di Kabupaten Kobar karena telah ada kesepakatan antara pemerintah daerah dan peruhashaan.

    Sehingga Rais mengakui bahwa kwajiban perusahaan sebagai mitra pemerintah daerah wajib untuk mendukung program tersebut untuk kemajuan daerah Kobar.

    ”Perusahaan Korintiga Hutani, selain telah banyak membantu membangun jalan desa, sesuai program CSR juga membantu pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat sekitar perusahaan, yakni di wilayah Kecamatan Arut Utara,” beber Rais.

    (Man/beritasampit.co.id)