Gubernur Harapkan Seruyan-Kotim Bangun Kerjasama Disektor Pariwisata

    KUALA PEMBUANG – Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, meminta kepada Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan untuk bekerjasama dalam merencanakan pengembangan sektor pariwisata dikedua daerah tersebut.

    “Saya minta kedua kepala daerah saling berkoordinasi untuk membicarakan hal tersebut,” katanya, saat berkunjung ke Objek Wisata Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, Rabu (31/01/2018).

    Orang nomor satu di Pemprov Kalteng ini mengatakan, pengembangan sektor pariwisata dapat dilakukan kedua kabupaten secara bersama-sama di kawasan pesisir, mulai dari Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, Kotim hingga ke Kuala Pembuang, Seruyan.

    Perencanaan pembangunan sendiri, sambung Sugianto, dapat dimulai dari pembuatan master plan untuk penataan kawasan pembangunan fasilitas pariwisata hingga kawasan investasi pariwisata seperti perhotelan atau restoran.

    “Kawasan pesisir pantai Kotim-Seruyan ini saling menyambung sehingga pengembangannya dapat direncanakan bersama,” ujarnya.

    Menurut mantan anggota DPR RI itu, pesisir pantai Kotim-Seruyan dengan kondisi alam yang masih sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan objek wisata unggulan di Kalteng.

    “Begitu perencanaannya sudah matang, maka kita dari provinsi siap membantu anggaran, kalau perlu pada 2019 nanti kita bisa bantu anggaran Rp50 miliar hingga Rp100 miliar untuk pengembangan kawasan pesisir,” terang Sugianto.

    Sementara itu, Bupati Kotim Supian Hadi dan Bupati Seruyan Sudarsono mengapresiasi dukungan Gubernur Kalteng yang ingin mendorong pembangunan Kotim-Seruyan, khususnya di sektor pariwisata.
    Gambaran awal pengembangan pariwisata akan dilakukan di perbatasan kawasan pesisir pantai kedua kabupaten.

    Kedua sepakat melakukan rapat di Sampit, Kotim, pada tanggal 14 Februari 2018 mendatang untuk membahas pengembangan sektor pariwisata di kawasan pesisir secara bersama-sama sesuai instruksi dari Gubernur Kalteng.

    “Mudah-mudahan kerjasama kedua daerah ini dapat berjalan dengan baik,” kata Bupati Seruyan Sudarsono.

    (rdi/beritasampit.co.id)