Anggota Komisi IV Ini Minta Petugas Tilang Kendaraan Bak Terbuka, Angkut Manusia

    SAMPIT- Anggota Komisi IV DPRD Kotim, Muhammad Shaleh meminta Dishub Kotim dan Satlantas Polres Kotim menindak tegas angkutan truk atau bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

    Shaleh mengatakan, jangan hanya sekedar larangan yang sifatnya hanya himbauan karena angkutan tersebut bukan angkutan penumpang melainkan angkutan untuk barang sehingga sebaiknya tidak membawa penumpang .

    “Tentu sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang, dan tidak sesuai dengan peruntukannya, apabila larangan tidak diindahkan, ya tilang saja,” katanya, Senin (5/2/2018).

    Larangan sekaligus sanksi tegas ini menurut Shaleh, sebagai langkah perlindungan kepada masyarakat, meskipun selama ini kendaraan bak terbuka merupakan alat transportasi alternatif bagi masyarakat karena tarifnya cukup murah.

    Dia juga menuturkan, kendaraan terbuka hanya diperbolehkan untuk mengangkut barang dan alat-alat lainnya. Sedangkan untuk mengqngkut penumpang ada kendaraan khusus.

    Hal ini juga dia tuturkan menyusula adanya tragedi lakalantas yang mengakibatkan 12 korban nyawa meninggal dunia di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu pagi lalu.

    “Kita tidak ingin kejadian itu terulang, cukup sudah, sudah banyak kejadian seperti itu beberapa tahun silam, dqn mirisnya itu karena kelalaian manusia itu sendiri,” tutupnya.

    (drm/beritasampit.co.id)