Dukung Pemkab Kapuas Pertahankan Jadi Lumbung Padi Kalteng

    KUALA KAPUAS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Suwanto E Sumen menyambut baik dan mendukung tekad Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk mempertahankan daerah setempat sebagai lumbung padi Kalimantan Tangah.

    Dimana salah satu upayanya adalah memberikan bantuan traktor untuk membantu petani mengolah lahan.

    Dari sisi lain, Suwanto E Sumen mengingatkan bahwa untuk mempertahankan bahkan untuk meningkatkan produksi padi ada beberapa simpul/faktor yang harus bergerak atau digerakannya secara bersamaan.

    “Karena bila tidak maka pemberian bantuan traktor saja tidak akan memberikan hasil yang maksimal,” ujarnya kepada sejumlah wartawan di Kantor DPRD Kapuas, Jumat (13/7/2018).

    Simpul ataupun faktor tersebut, sambung politisi Partai Golkar ini, pertama adalah ketersediaan dan kesesuaian lahan. Karena menurut dia, lahan pasang surut merupakan lahan marginal, karena itu harus ada pemetaan daya dukung dan tekhonologi spesifik (varietas, saprodi, resiko, indeks tanam dan indek panen) pada masing-masing lokasi.

    Kedua adalah sosial budaya petani, dimana perbedaan latar belakang dan sosial budaya masing-masing petani/kelompok harus dicermati oleh pemerintah sehingga perlakuan dan motif dalam pemberdayaannya juga harus disesuaikan agar sama-sama memperoleh hasil yang maksimal.

    Kemudian ketiga adalah ketersediaan sarana produksi, harus direncanakan, diatur dan dikendalikan ketersediaan sarana produksi dari sisi kualitas, kuantitas dan kontinyuitas sampai ketingkat petani.

    “Akan lebih bagus lagi bila pemerintah dapat secara langsung memberikan sarana produksi (pupuk dan obat-obatan) sebagai bentuk insentif bagi petani,” ucap Suwanto.

    Sedangkan yang ke empat, kata dia, adalah koordinasi. Mengingat ada berbagai sub sektor pemerintah yang terkait langsung dalam kegiatan pertanian.

    “Maka peran koordinasi antar sub sektor harus terjalin dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kontrol/evaluasi program,” tukas Suwanto.

    (irfan/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)