Warga Basarang Diminta Waspada Karhutla

    KUALA KAPUAS – Kabupaten Kapuas tengah memasuki musim kemarau. Sejumlah kecamatan dinilai rawan terjadi kebakaran hutan lahan. Satu diantaranya Kecamatan Basarang.

    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Faujiannor menghimbau kepada masyarakat disana agar bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran.

    “Saya selaku wakil masyarakat daerah pemilihan setempat (Kecamatan Basarang) mengimbau agar sekiranya masyarakat bisa mengantisipasi akan terjadinya kebakaran,” ujarnya, belum lama ini.

    Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, apabila membakar lahan untuk dijadikan lahan perkebunan itu semestinya dijaga kalau memang bisa untuk membakar. Selain itu, juga harus diantisipasi kalau ada hal-hal yang bisa merembet ke lahan lainnya.

    Kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas, pria yang akrab disapa Guru Ipau ini mengharapkan desa-desa di Kecamatan Basarang yang telah ditetapkan sebagai desa tangguh bencana (Destana) agar dapat dilengkapi peralatan pemadam kebakaran di desa tersebut.

    “Seperti Desa Batuah dan Desa Tarung Manuah, dimana dua desa ini telah ditunjuk sebagai desa tangguh bencana. Kita harapkan alat penunjang untuk pemadaman api agar dilengkapi di dua desa ini seperti mesin pompa air dan kendaraan roda tiga untuk membawa peralatan,” ungkapnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)