Karhutla di Sukamara Kembali “Membara”

    SUKAMARA – Pantauan Patroli Satgas Karhutla di Kabupaten Sukamara, melaporkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Sukamara kembali membara. Selasa (4/9/2018) mulai Pukul 08.00 WIB sampai sore.

    Seperti dilaporkan Koramil 1014-08/Jelai Sukamara, ke Markas Satgas di Kodim 1014 Pangkalan Bun, Selasa (4/9/2018), daerah potensi karhutla di wilayah Kecamatan Pantai Luci.

    “Penyebab karhutla belum diketahui, namun tim patrol dari TNI dan Polri telah mengambil tindakan prekvenatif, dengan melakukan upaya pemadaman secara manual dibantu stgas udara BNPB menggunakan heli water boming,” kata Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol (Inf) M Roni Sulaeman, yang juga sebagai Komandan Satgas Karhutla, saat dikonfirmasi Selasa (4/9/2018).

    Menurut Dandim, sesuai laporan darti Tim Patroli Satgas Kabupaten Sukamara,telah menemukan titik api di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci, lokasi yang terbakar vegetasi, padang rumput.

    Damdim menghimbau kepada semua pihak dan seluruh masyarakat di Kabupaten Sukamara, Kobar dan Lamandau, agar tetap waspada.

    ”Memang saat ini telah turun hujan, namun kita semua tetap harus meningkatkan kewaspadaan karena titik-titik api yang telah dipadamkan belum tentu padam sampai kebawahnya, yang kebanyakan tanah dibagian bawahnya gambut,” tegasnya

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)