Tujuh Puluh Enam Miliar Lebih ADD untuk 154 Desa di Katingan, Mari Awasi Bersama?

    KASONGAN – Penjabat Bupati Katingan Baru I Sangkai, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan telah mengalokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 154 desa se Kabupaten Katingan tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 76.102.058.500, (Tujuh Puluh Enam Miliar Seratus Dua Juta Lima Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Rupiah) dan Dana Desa (DD) transfer dari pemerintah pusat untuk tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 123.109.956.000, (Seratus Dua Puluh Tiga Miliar Seratus Sembilan Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Enam Ribu Rupiah).

    Dengan begitu, dirinya berharap dengan dana tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Juknis yang ada dan sesuai kegiatan prioritas di seluruh desa yang tersebar disetiap wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan.

    “Kiranya Kepala Desa maupun Penjabat Kepala Desa agar memasukan dalam APBDes semua dana yang menjadi pemasukan desa, baik dari pemerintah maupun dari pendapatan lain. Sehingga dalam perencanaan harus tepat sasaran dan dimusyawarahkan dengan masyarakat setempat serta mengandung manfaat yang langsung menyentuh masyarakat banyak,” tegas Pejabat Bupati Baru I Sangkai, saat melantik Pejabat Kepala Tumbang Marak, di Kecamatan Katingan Tengah, Selasa (4/9/2018) kemaren.

    Sehingga dari itu semua, menurutnya dalam pelaksanaannya juga harus dilakukan berdasarkan petunjuk teknis yang ada, tepat waktu, termasuk pelapor serta pertanggungjawabnya. Sebab pengunaan anggaran tersebut akan diadakan pemeriksanaan atas pelaksanaan atau realisasi kegiatannya.

    “Harapan saya jangan sampai dalam pengelolaan ADD, DD dan bantuan keuangan lainnya ini, ada tersangkut masalah hukum yang dikarenakan oleh penyalahgunaan anggaran serta keterlambatan dalam penyampaiannya laporan pertanggungjawaban,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 1 times, 1 visits today)