Semarak Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Menggema di Metaya Hilir Selatan

    SAMPIT – Ribuan pelajar mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas ( SMA) Sederajat berkumpul di lapangan Porsada, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengikuti pawai Ta’aruf Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Selasa (11/9/2018).

    Kegiatan pawai Ta’aruf kali ini pesertanya terbilang yang paling banyak dan memecah rekor dari tahun -tahun sebelumnya hingga mencapai ribuan orang kafilah.

    Memakai atribut serta busana Islami dan diiringi tabuhan irama drumband. Kemeriahan tahun baru Islam terlihat makin semarak karena banyaknya jumlah kafilah yang hadir diluar dugaan panitia.

    Acara berlangsung dari pukul 07.00 – 10.00 WIB, oleh penyelenggara PC PGRI MHS dengan tema.’ Jadikan Muharram sebagai momentum Hijriyah hakiki menuju masa depan yang lebih baik dalam ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT serta kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.’

    Ketua panitia Pawai Ta’aruf Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Wahyuda mengatakan, pawai Ta’aruf yang diselenggarakan hari ini pesertanya sangat membludak karena di ikuti beberapa sekolah yang ada di kecamatan ini.

    “Ada sebanyak 16 perwakilan sekolah yang turut bergabung memeriahkan menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriyah ini,” ujarnya disela saat pemberangkatan peserta pawai tersebut.

    Lanjutnya, dari sekian banyak jumlah peserta itu, terangnya, ada beberapa perwakilan sekolah yang turut berpartisipasi dalam kegiatan 1 Muharram ini, yakni, TK Nurul Iman, TK Bakti Bunda. Untuk Sekolah Dasar , SDN 1 Basirih Hilir, SDN 4 Basirih Hilir, SDN 2 Basirih Hilir, SDN 1 Jaya Kelapa, SDN 3 Jaya Kelapa, SDN 3 Basirih Hilir, SDIT Al Madaniyah dan SDN 1 Basirih Hulu. Ditingkat Sekolah Menengah Pertama yakni, SMP 1 MHS, SMPIT Al Madaniyah dan MTSN 2 Kotim, kemudian tingkat SMA, yaitu, SMA 1 MHS, SMAIT Al Madaniyah dan Pesantren Al Madaniyah.

    “Jumlah peserta yang turut dalam pawai ta’ruf sekitar tiga ribu orang,” katanya.

    Sementara itu, Ketua PC PGRI Kecamatan MHS, Hamdin, mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang berkenan memeriahkan tahun baru Islam ini sehingga suananya lebih terasa.

    “Ada yang belum tau orang hari ini tanggal 1 Muharram. Tapi dengan momen dimeriahkannya acara ini orang tau bahwa hari ini adalah tahun baru Islam,” katanya menyampaikan kepada peserta yang hadir.

    Lanjutnya, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada alumni SMP 1 MHS angkatan 86, yang juga membantu kegiatan ini sehingga acara terselenggara dengan baik. Kita berharap tahun depan akan lebih meriah lagi.

    “Kami sempat ngomong-ngomong kepada sejumlah panitia, ini adalah rekor terbanyak dalam kegiatan pawai ta’aruf beberapa tahun terakhir. Diperkirakan sekitar tiga ribu orang peserta. Acara ini terselenggara dengan waktu yang sangat singkat,” ungkap Hamdin sangat mengapresiasi.

    Acara diteruskan dengan pembacaan zikir dan do’a bersama yang dipimpin oleh Ustad H Anwar Nuris. Lanjut, tausiah disampaikan oleh Ustad Muhammad Makki. Kemudian acara ditutup dengan berdo’a awal tahun. Dan akhir acara pembagian hadiah doorprize kepada para pemenang lomba berbaris Ta’aruf tahun baru Islam 1440 Hijriyah. Acara dihadiri serta didukung pihak Kecamatan, Koramil 1015-06, Mapolsek Jaya Karya Samuda.

    (mar/beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 2 times, 1 visits today)