Cetak Desa Mandiri, DPMD Kotim Sosialisasikan Program Inovasi Desa

    SAMPIT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar kegiatan sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dan Rakot Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Program Inovasi Desa (PID) Kotim.

    Acara yang digelar di Gedung Wanita Jalan Jendral Ahmad Yani Sampit tersebut, dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja aparatur desa supaya dapat mandri dalam mengembangkan wilayahnya. Program tersebut juga merupakan program khusus dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggi dan Transmigrasi.

    “Ini merupakan program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” ucap Ketua Panitia atau Sekretaris TIK, Suparlin, Selasa (18/9/2018).

    Suparlin menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan P2KTD kepada instansi yang terkait, dalam mendukung program inovasi desa, merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan program inovasi Desa.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada stakeholder yang terkait tentang P2KTD, dalam mendukung pelaksanaan program desa, khususnya lagi bidang pembangunan ekonomi lokal,” jelasnya.

    Suparlin mengatakan, untuk peserta sendiri berjumlah 136 orang yang terdiri dari 19 orang daru TIK, 34 orang dari PID, 6 orang tenaga ahli, 38 orang pendamping desa, dan 39 orang pendamping lokal desa.

    “Pesertanya ini dari 10 Kecamatan yang ada di Kotim, dan jumlah pesertanya sendiri kurang lebih 136, dan kegiatannya sendiri akan berlangsung dari tanggal 18 – 19 September,” katanya.

    Suparlin berharap, dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut instansi terkait bisa memahami apa itu P2KTD dan bisa menjelaskan pentingnya P2KTD dalam pelakasaan undang-undang desa serta mempersiapkan penyusunan profil P2KTD dalam pendukung PID.

    “Saya berharap peserta sosialisasi ini bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius, seksama dan bisa memahami apa itu P2KTD,” akhirnya.

    (put/beritasampit.co.id)

    Editor: FAHRIZAL

    (Visited 4 times, 1 visits today)