Jelang Tahapan Kampanye, KPU Kotim Gelar Rapar Kordinasi

    SAMPIT – Rapat Kordinasi Persiapan Tahapan Kampanye yang daadakan KPU Kotim dan dihadiri oleh piahak Polres kotim, Satpol PP dan Bawaslu yang digelar di Aula KPU Jala HM Arsyad Sampit. Selasa (18/9/2018).

    Ketua KPU Kotim Siti Fatonah menjelaskan. Masa kampanye akan dilaksanakan sejak tiga hari setelah penetapan daftar calon tetap (DCT).

    Menurutnya ada beberapa metode kampanye yang akan dilakukan calon
    yakni, pertemuan terbatas pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye ditempat umum, melalui media sosial, iklan media cetak, media elektronik, rapat umum, dan kegiatan lain yang tidak melanggar undang undang.

    Anggota KPU Kotim divisi partisipasi masyarakat Eka Wulandari menambahkan dalam hal pemasangan alat peraga kampanye, KPU memfalisitasi pencetakan baliho dan spanduk untuk peserta kampanye sesuai dengan kemampuan anggaran.

    Selain itu lanjut Eka, KPU juga akan menetapkan lokasi pemasangan alat peraga kampanye dan ketentuan ini harus dipatuhi oleh peserta pemilu.

    Menanggapi hal tersebut, Kabag Ops Polres Kotim AKP Boni Ariefianto menyatakan, pihaknya siap mengamankan tahapan kampanye Pemilu 2019

    Boni juga memberikan masukan agar dalam metode kampanye seperti tatap muka ada pembatasan waktu dengan alasan keamanan.

    “Karena dalam Peraturan KPU tidak dibatasi, harapan kami ada kesepakatan dari penyelenggara dan peserta pemilu untuk waktunya,” saran dia.

    Boni juga menambahkan, terhadap kampanye melaui media sosial juga harus dilaporkan dan memperhatikan batasan dan larangan konten kampanye.

    Karena kepolisian juga memiliki tim cyber crime yang siap melakukan pengawasan terhadap konten-konten di media sosial yang melanggar ketentuan.

    (nu/beritasampit.co.id)

    Editor:FAHRIZAL

    (Visited 1 times, 1 visits today)