Desa Bukit Raya Bakal Adakan Ritual Adat Bersih Kampung, Kapan Ya?

    SAMPIT – Warga Desa Bukit Raya, Kecamatan Cempaga Hulu rencananya akan menggela Ritual Mapas Lewu atau Pakanan Sahur, hal tersebut nampak ketika pihak panitia penyelenggara menggelar rapat hari ini tepatnya, Kamis (27/9/2018).

    Ritual Mapas Lewu merupakan ritual umat Agama Hindu Kaharingan, dalam menunjukan rasa syukur dengan membayar hajat bahkan juga sebagai makna membersihkan kampung atau daerah dari hal-hal buruk. Kegiatan ini disimbolkan dengan mengundang masyarakat untuk makan dan minum bersama dalam suasana bersama.

    Seleksi A Mansauw, selaku Kepala Desa Bukit Raya, menjelaskan sejauh ini pihak panitia yang tidak lain merupakan warga masyarakat desa setempat sudah merencanakan jadwal pelaksanaannya.

    “Sejauh ini kami sedang mempersiapkan jadwal pelaksanaannya, mudahan tidak ada kendala lagi, sehingga semuanya bisa berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Bukit Raya ini sendiri,” ungkap Seleksi, tadi siang.

    Selain itu menurutnya, Pesta adat yang bernuansa ritual ini merupakan gambaran persatuan masyarakat suku dayak, tanpa terkecuali, baik itu suku dayak darimana saja semuanya sama. Bahkan persiapan memapas lewu inipun sama halnya dengan agenda rutin ritual yang sudah sering dilakukan di Kotawaringin Timur.

    “Mungkin perbedaannya, kami berencana semua Balai akan kami isi, gunanya menghargai alam semesta ini yang sudah memberikan kita jalan juga untuk penghidupan melalui hasil-hasil alamnya,” timpalnya.

    Sementara itu, jadwal pesta Mapas Lewu atau Pakanan Sahur ini diwacanakan masuk jadwal sekitar Tanggal 20 Oktober 2018 Ini, yang mana tinggal beberapa pekan saja. Sedangkan untuk penentuan berapa hari dilaksanakannya pesta tersebut masih belum dipastikan.

    “Harapan kami semuanya berjalan dengan lancar tentunya, tidak ada halangan maupun kendala saat acara nanti di langsungkan sampai dengan selesai, berapa hari nantinya akan di umumkan secada resmi melaluo surat undangan,” tutupnya.

    (drm/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 2 times, 1 visits today)