Revolusi Mental Wujud Polri Zaman Now, 105 Anggota Polres Katingan Dapatkan Resep Ini?

    KASONGAN – Sebanyak 105 orang anggota Polres Katingan dari jajaran Polsek mengikuti pelaksanaan sosialisasi Revolusi Mental, di Aula Bhayangkara Polres Katingan, Kamis (27/9/2018).

    Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kapolrea Katingan, AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting S I K, dan menghadirkan Narasumber Kepala Bagian Sumber Daya (Kabagsumda) Kompol Amriansyah dan Kepala Seksi Pengawas (Kasiwas) Ipda Wijianto, yang merupakan jajaran Polres setempat.

    Tujuan yang ingin dicapai dalam sosialisasi Revolusi Mental tersebut diharapkan nantinya akan menambah tingkat kepercayaan masyarakat (Public Trust).

    Terutama dalam hal proses penegakan hukum, anggota Polres Katingan harus mampu menjabarkan revolusi mental dalam setiap proses penyelidikan dan penyidikan serta tindak pidana yang terjadi di tengah masyarakat.

    Kemudian, mengubah watak dan karakter penyidik menjadi humanis, protagonist, transparan, akuntabel dan menghormati hak asasia manusia serta harus mampu memperlakukan tersangka, saksi dan korban secara manusiawi.

    “Polri harus mampu menciptakan keamanan, kenyamanan, dan ketenangan di setiap aktivitas kehidupan masyarakat di lingkungannya,” terang Kapolres Dharma Ginting.

    Selain itu

    Lanjutnya, anggota kepolisian harus mampu menggerakkan revolusi mental pada aspek sikap dan perilaku yang Humanis berbasis pada prinsip senyum, sapa, salam, tetap sopan dan santun, tidak pilih-pilih serta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus sesuai dan memenuhi SOP pelayanan prima.

    Pada intinya, bahwa Revolusi mental merupakan ‘resep’ yang sangat mujarab untuk mengubah mentalitas anggota Polri. Hal itu sebenarnya sejalan dengan reformasi Polri yang digariskan melalui reformasi instrumental, struktural, dan kultural.

    “Revolusi mental Polri sebenarnya telah dilaksanakan Polri dengan melakukan reformasi kultural Polri, dengan sasaran perubahan pada pola pikir dan budaya agar mampu menjadi sosok dan profil anggota Polri yang berkompeten, professional, bermoral, dan bermental baja dan sebagai sebagai penggerak Revolusi Mental dan pelopor tertib sosial diruang publik,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 6 times, 1 visits today)