Pengelolaan Kearsipan Penting dalam Pembangunan

    KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang mengatakan, dalam hal pengelolaan kearsipan mempunyai fungsi penting dalam pembangunan nasional termasuk di Kabupaten Katingan.

    Setidaknya ada lima fungsi penting sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, yaitu mendukung efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pengambilan keputusan, mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan transparan, menjadi bukti akuntabilitas kinerja aparatur serta bukti otentik terpercaya dalam pelaksanaan pertanggungjawaban, dan menjamin kelangsungan kegiatan yang konsisten terintegrasi serta sebagai media informasi yang akurat dan berkelanjutan.

    “Oleh sebab itulah, saya tekankan pentingnya pengelolaan arsip. Mengingat arsip dapat dijadikan salah satu sumber informasi penting dan memberikan gambaran yang nyata, karena mungkin masih ada OPD atau unit kerja yang melaksanakan pengelolaan arsip belum sesuai seperti yang diharapkan,” terang Sunardi membacakan sambutan tertulis Bupati Katingan Sakariyas kala membuka kegiatan bimbingan teknis pengelolaan kearsipan di Aula Losmen Citra Katingan, Jumat (28/9/2019).

    Lanjutnya mengatakan, semua peserta Bimtek yang diberikan pelatihan atau bimbingan tentang cara mengelola, menata dan memelihara arsip atau dokumen yang baik dan benar. Diingatkan agar mengikuti kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh, untuk menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa diperoleh dari narasumber.

    “Harapan saya, apa yang disampaikan pada kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan dari semua peserta dalam penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidan dan standar kearsipan sebagaimana yang dibutuhkan oleh suatu sistem penyelenggaraan kearsipan nasionla yang handal. Sehingga mampu mengimplementasikan di instansinya masing-masing,” terang Sunardi.

    Selain itu, dirinya meminta seluruh peserta untuk selalu meningkatkan kinerja sesuai dengan jabatannya masing-masing. Sebab, perubahan menuju hal yang lebih baik adalah hal yang mutlak dilakukan dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih, karena pemerintahan yang bersih merupakan perayaratan majunya suatu bangsa.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 3 times, 1 visits today)