Terancam Gagal Ikut Tes CPNS, Tiga Hari Begadang Portal sscn.bkn.go.id  Sulit Diakses

    KASONGAN – Sejak dibukanya pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dilakukan secara terintegrasi melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Sistem Seleksi CPNS Nasional atau sscn.bkn.go.id, pada Rabu 26 September 2018.

    Namun, sangat disayangkan sejumlah pelamar yang menjadi calon peserta masih ada yang mengeluhkan situs tersebut sangat sulit diakses. Bahkan salah seorang warga yakni, Andre (25) mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka portal tersebut.

    Ketika portal terbuka, kemudian melakukan registrasi seperti mengisi nomor induk kependudukan dan nomor induk kependudukan atau NIK kepala keluarga dan memasukan kode Captcha, lalu klik lanjutnya.

    “Namun, tidak bisa. Yang ada hanya pemberitahuan bahwa web tidak bisa lagi diakses dan pemberitahuan sscn.bkn.go.id tidak mengirim data apapun. Selama tiga hari begadang pun hanya demi lakukan registrasi, dan yang ada hanya seperti itu terus sampai sekarang ini,” terangnya kepada beritasampit.co.id, Sabtu (28/9/2018).

    Pria lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Kampus II Kasongan ini, sudah mencoba berbagai cara untuk melakukan pendaftaran menggunakan handphone ataupun mengakses lewat perangkat komputer.

    “Ya tetap, hasil juga serupa yang dialami meski jaringan yang dimiliki cukup kuat dengan 4G,” ujarnya.

    Hal serupa juga yang dirasakan oleh Anisa (22) saat melakukan pendaftaran dan mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka portal sscn.bkn.go.id.

    Menurutnya, sulit diakses portal sscn.bkn.go.id tersebut, kemungkinan besar karena banyaknya para pelamar yang mengakses secara bersamaan. Sehingga selalu gagal hanya pada tahap pertama untuk melakukan registrasi saja gagal.

    “Itu lah yang dialami saya. Mungkin di daerah lain ada juga peserta yang beruntung dan sangat mudah untuk melakukan pendaftaran. Saya harap sih, portalnya agar secepatnya bisa cepat diakses,” harapnya.

    Dirinya juga menjelaskan, jika selalu terkendala dalam masalah pendaftaran sampai pada akhir tanggal atau penutupan nanti. Bisa-bisa gagal untuk menjadi peserta CPNS khususnya melalui jalur umum jurusan Administrasi Negara Kantor Dinas Agararia dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional khusus di Kalimantan Tengah dengan jabatan analisis permohonan hak tanah dan pendaftaran tanah sebanyak 11 orang.

    “Saya lulusan S1 Administrasi Negara, dan ingin menjadi ambdi negara yakni ingin menjadi salah satu ASN nantinya Dinas Agararia dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional khusus di Kalimantan Tengah,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 1 times, 1 visits today)