Ini Alasan Karang Taruna Kalteng Adakan Simulasi Tes CPNS Sistem CAT

    PALANGKA RAYA – Dalam menyikapi rencana pemerintah untuk penerimaan CPNS 2018, Karang Taruna Kalimantan Tengah (Kalteng) fasilitasi puluhan lulusan sarjana pencari kerja di Kalteng.

    Karang Taruna Kalteng, adakan simulasi tes CPNS sistem Computer Assisted Test (CAT) Sabtu, (29/09/2018) di hotel Avicenna Palangka Raya.

    Jumlah pencari kerja tahun 2018 dipastikan mencapai puluhan ribu di Kalteng. Hampir tiap kabupaten memiliki perguruan tinggi yang mencetak lulusan sarjana tiap tahunnya.

    Dengan itu, ketua Karang Taruna Abdul Hafid mengatakan bahwa, sebagian besar lulusan sarjana tiap kabupaten tersebut menginginkan menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

    “Hal itu menjadi dasar kenapa Karang Taruna perlu mengadakan simulasi tes CPNS ini,” tutur Abdul Hafid dalam sambutannya.

    Setiap lulusan sarjana cukup merasa mampu dalam mengikuti tes CPNS. Sementara, menurut Abdul Hafid, dalam tes sistem CAT ini pun ada hal yang menyangkut strategi hingga mendapatkan kelulusan tes CPNS.

    Penerapan sistem CAT yang merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer ini, digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

    Standar kompetensi dasar CPNS diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS, dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).

    Dengan itu, kata Abdul Hafid, Karang Taruna memandang penting mengadakan simulasi tersebut hingga pencari kerja di Kalteng mendapatkan hasil yang maksimal.

    Dalam kegiatan simulasi ini, Pengurus Karang Taruna juga sekaligus memperingati ulang tahun Karang Taruna ke 58 dengan perayaan pemotongan tumpeng bersama puluhan peserta.

    (han/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)