Pemerintah Diminta Maksimalkan Tim Pemadam Api Tingkat Kecamatan

    PALANGKA RAYA – Ditengah musim kemarau tentunya bahaya yang diakibatkan oleh pembakaran hutan dan lahan berupa kabut asap harus menjadi perhatian serius dari semua pihak baik itu dari pihak eksekutif, legislatif, leading sektor terkait hingga peran dari masyarakat itu sendiri.

    Salah seorang legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah yang juga merupakan Ketua Komisi A Yohanes Freddy Ering mengatakan bahwa peran masyarakat khususnya juga diharapkan dalam penanganan kabut asap yang terjadi.

    Bahkan dia menilai justru peran serta masyarakat dalam wilayah kecamatan yang sangat dibutuhkan saat terjadi kebakaran hutan. Bukan tanpa alasan mengingat keterbatasan tim pemadam yang berada ditingkat provinsi hingga kabupaten/kota sehingga tim pemadam tingkat kecamatan diperlukan keterlibatannya.

    “Mereka akan coba dimaksimalkan, namun bantuannya jangan hanya berupa alat namun juga operasionalnya, itu yang seharusnya menjadi perhatian dari pemerintah khususnya,” ucap politisi dari PDIP ini pada Kamis (4/10/2018).

    Dia menilai bahwa berkaca dari pengalaman sebelumnya bahwa pemerintah harus mempunyai rencana yang matang dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini dimana kabut asap menjadi permasalahan yang tentunya harus segera dicari solusinya.

    Dia menambahkan bahwa lebih baik bagi pemerintah untuk melakukan pembentukan tim ditingkat kecamatan karena akan langsung tepat sasaran dengan catatan tim pemadam api tingkat kecamatan harus dibekali dengan alat pemadam yang modern serta anggaran yang memadai.

    Selain tim tersebut nantinya langsung menyebar di wilayah kecamatan masing-masing juga harapannya masyarakat di daerah tersebut juga akan diberdayakan dan kedepannya dapat menjadi barisan terdepan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di kecamatan.

    (apr/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 4 times, 1 visits today)