Festival Tandak Intan Kaharingan Momentum Baik Bagi Umatnya

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas membuka secara resmi pelaksaan Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) ke VII tingkat Kabupaten di Kelurahan Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu, Kamis (4/10/2018).

    Festival yang dilaksanakan selama lima hari tersebut diikuti sebanyak 690 peserta yang terbagi 13 perwakilan kecamatan masing-masing. Seperti, Kecamatan Bukit Raya dengan peserta sebanyak 52 orang, Katingan Hulu 79 orang, Marikit 65 orang, Petak Malai 74 orang, Sanaman Mantikei 56, Katingan Tengah 50 orang, dan Pulau Malan 70 orang.

    Kemudian Kecamatan Tewang Sanggalang Garing 67 orang, Katingan Hilir 45 orang, Tasik Payawan 34 orang, kamipang 45 orang, mendawai 34 orang dan Katingan kuala 25 orang.

    Bupati Sakariyas menyampaikan, bahwa pelaksanaan festival tandak intan kaharingan yang dilaksanakan merupakan momentum yang baik bagi semua pihak terutama umat hindu kaharingan. Selain itu juga, sebagai sarana antar umat bergama saling bersilahturahmi dari seluruh kecamatan, dan juga sarana silahturahmi antara pemerintah daerah dengan umat hindu kaharingan yang ada di Kabupaten Katingan.

    “Festival tandak ini juga menjadi wadah bagi pemerintah daerah Katingan untuk bersilahturahmi dengan umat Hindu Kaharingan, agar dapat menjalin hubungan yang baik,” katanya.

    Sakariyas juga berharap kepada seluruh peserta agar dapat menampilkan yang terbaik pada ajang Festival Tandak, agar dapat memberikan yang terbaik kepada kecamatannya masing-masing. ” Seluruh peserta ini harus berikan penampilan yang terbaik dan bisa meraih prestasi. Pasalnya, bagi peserta berprestasi nantinya akan mewakili Kabupaten Katingan pada ajang tingkat Provinsi,” pungkasnya.

    Perlu diketahui, tema dari Festival tandak ke VII tingkat Kabupaten Katingan yaitu Soliditas festival tandak intan kaharingan mendukung pembangunan Kabupaten Katingan yang bermartabat. Sementara itu sub tema, festival tandak intan kaharingan sebagai ajang penghayatan dan pengalaman ajaran ranying hatalla langit menuju umat yang berbudaya, maju, religius, terintegrasi, berkesinambungan, aman dan terkendali.

    Artinya, tema dan subtema pada festival tandak ini adalah umat Hindu Kaharingan mempunyai komitmen yang sama untuk mendukung visi dan misi pemerintah kabupaten Katingan.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)