Turis Ketagihan Tuak Khas Dayak. Enaaak..Yes..!!!

    Editor: A Uga Gara

    PANGKALAN BUN-“Waahh, yes yes, mau lagi. Rasanya enak”. Dengan bahasa yang terbata-bata, ternyata rombongan turis yang datang di ‘Sail Wonderfull 2018’ menyikai minuman Tuak khas daerah.

    Kalimat itu sempat terucap dimulut mereka ketika disuguhi minuman beralkohol oleh penyelenggara sebagai ritual menyambut tamu kehormatan.

    Hadir ketika itu, Bupati Kobar Hj.Nurhidayah dan suaminya HM.Ruslan AS, Ketua DPRD Kobar Triyanto, Anggota DPD RI, H.Rahmat Nasution, Politisi Nasdem, H.Hamdhani dan Sejumlah Kepala SOPD dan unsur Pimpinan FKPD serta undangan lainnya.

    Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar, Wahyudi, rombongan Turis Sail Wonderfull datang ke Pangkalan Bun sekitar Pukul 08.00 WIB. Kedatangan turis dari berbagai negara tersebut langsung dijemput oleh Bupati Kobar Hj.Nurhidayah berserta unsur Pimpinan FKPD.

    “Acara pertama jamuan ringan dan hiburan adat suku dayak di Rumah Betang ini,kemudian dilanjutkan berkunjung ke Rumah Mangku Bumi di lokasi Istana Kuning,yang pada malam harinya di halaman Istana Kuninga digelar acara Welcame Dinner, juga penyambutan Tampung Tawar dan Rumpak Kutamara,serta hiburan tari tradisinal Istana Kuning dan makan malam,” ungkap Wahyudi.

    Seperti diketahui, rombongan turis asing dari berbagai negara itu berjumlah 78 orang dengan menggunakan 47 buah kapal pinising dan langsung berlabuh di Pelabuhan Panglina Utar, Kumai, Pangkalan Bun.

    (man/beritasampit.co.id).

    (Visited 1 times, 1 visits today)