Pemkab Diminta Siapkan Honorer Pengganti PPL dan BP4K yang Mendekati Pensiun

    SAMPIT – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur H Rudianur meminta pemerintah daerah setempat segera menyiapkan tenaga honorer untuk menggantikan Petugas Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) yang sudah mendekati masa-masa pensiun.

    “Kita ketahui petugas Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) kabupaten/kota yang diperbantukan untuk memberikan pengarahan, pembinaan dan penyuluhan di bidang pertanian dengan basis administrasi kecamatan sangat berperan penting untuk menyusun perencaan,” ungkapnya, Rabu (10/10/2018).

    Dalam hal ini, menurutnya perlu orang – orang dengan keahlian khusus di bidangnya, agar sektor pertanian dan lainnya di Kotim ini bisa semakin meningkat kedepannya.

    Bahkan dia memaparkan sebelum membina keahlian Penyuluh Pertanian Lapangan perlu melakukan pendekatan dengan memahami kemampuan kelompok maupun perorangan agar materi yang disampaikan kepada petani dapat dicerna dengan baik oleh petani.

    “Ini salah satunya saja, artinya jangan sampai nantinya honorer di sektor pertanian kita, khususnya di BP4K bukan orang yang ahli dibidangnya, kedua utamakan honorer yang benar-benar bisa bekerja dilapangan dengan baik, agar setiap program perencanaan bisa diadopsi dengan baik sehingga petani senantiasa meningkatkan efisiensi usaha pertaniannya,” timpalnya.

    Selain itu, Rudianur menilai peningkatan berdasarkan program pemerintah daerah di sektor pertanian yang saat ini fokus berada di wilayah Selatan Kotim, perlu di perluas agar ada opsi-opsi lain bagi masyarakat kotim ini.

    “Terutama menyangkut mata penceharian, erat sekali di Kotim ini bahwasannya masyarakat selalu memilih opsi yang mudah untuk di kerjakan,terutama masyarakat yang SDM nya mengah kebawah,” tutup Rudianur.

    (drm/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 1 times, 1 visits today)