Kejaksaan Negeri Kasongan Lakukan Program Ini di SMPN 1 Katingan Hilir?

    KASONGAN – Dalam rangka penyadaran dan pemahaman tentang hukum kepada siswa maupun tenaga pendidik, Kejaksaan Negeri Kasongan gelar program Jaksa masuk sekolah. Salah satunya di SMPN 1 Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Senin (15/10/2018).

    Kegiatan dimulai dengan upacara apel bendara Merah Putih dihalaman Sekolah tersebut, dihadiri Bupati Katingan Sakariyas, Kepala Dinas Pendidikan M Hasrun, serta seluruh siswa dan guru SMPN 1 Katingan Hilir.

    Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kasongan, Siswanto mengatakan, tujuan kegiatan Jaksa masuk sekolah ini bertujuan dalam rangka penerangan dan penyuluhan aturan hukum bagi anak-anak didik sekolah.

    Selain itu juga memberikan pembekalan, stresing, bagi peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Katingan salah satunya di SMPN 1 Katingan Hilir.

    “Sehingga ini nantinya, Kejaksaan bisa berperan aktif dalam memberikan penyadaran, baik itu kepada siswa berkaitan dengan permasalahan-permasalahan hukum yang nantinya bisa mencegah anak-anak berhadapan dengan hukum baik itu anak sebagai pelakunya atau hal lainnya,” terang Siswanto, kepada beritasampit.co.id, Senin (15/10/2018).

    Siswanto, berharap kegiatan yang dilaksanakan oleh pihaknya dapat memberikan penyadaran, memberikan pemahaman pengetahuan kepada anak-anak didik berkaitan dengan permasalah-permasalahan hukum.

    “Kemudian, untuk memberikan motivasi kepada guru-guru dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan dapat menonjolkan fungsi kesadaran dan peran sebagai tenaga pendidik itu sendiri,” tegasnya.

    Pada kesempatan yang sama, Kepada Dinas Pendidikan Katingan, M Hasrun menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama dari pihak Kejaksaan Negeri Kasongan yang melakukan pembinaan terhadap penyadaran anak didik dan guru di SMPN 1 Katingan Hilir.

    Menurutnya, selama ini mungkin saja mereka belum memahami terhadap tugas dan fungsi pihak Jaksa. Dengan adanya sosialisasi tentang penyadaran dan pemahaman itu, jadi mereka bisa paham dan tau apa sebenarnya tugas dan fungsinya.

    “Apa yang dilakukan oleh pihak kejaksanaan tidak hanya selalu melalukan proses dalam tindak hukum, tetapi mereka juga selalu ingin melakukan penyadaran kepada masyarakat maupun terhadap anak-anak didik sekolah,” ucapnya

    Selain itu, Kepala SMPN 1 Katingan Hilir, Salapuddin menyampaikan ucapan terimakasihnya atas apresiasi dari pihak kejaksaan yang sudah memberikan kegiatan sosialisasi kepada sekolah tersebut.

    “Jadi ini sangat membantu sekali bagi para siswa, juga dapat memotivasi mereka untuk kedepannya agar lebih baik lagi. Dan kita harapkan kedepannya kegiatan ini berlanjut terus dari pihak kejaksaan maupun dari pemerintah daerah juga untuk terus melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 5 times, 1 visits today)