Bupati Kobar: “Harga hasil pertanian di Jawa turun drastis. Para petani Kobar utamakan komuditas tanaman pertanian”

    PANGKALAN BUN – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj.Nurhidayah mengatakan saat ini para petani di Jawa sedang dilanda keprihatinan, karena harga-harga hasil pertanian sekarang boleh dikatakan sedang ‘terjun payung’ atas harga pasar yanh turun drastis.

    “Namun tentunya keprihatinan para petani, termasuk petani di Kabupaten Kobar, mudah-mudahan tidak akan lama karena pemerintah dipusat kini sedang terus berusaha berjuangan memecahkan masalah, khususnya masalah turunnya harga-harga hasil pertanian,” kata Nurhidayah, pada acara Penyerahan Pinjam Pakai Alsintan kepada sejumlah Kelompok Tani di 6 Kecamatan, Selasa (16/10/2018) dihalaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar.

    Menurut Bupati, dengan adanya bantuan pinjam pakai Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada para Kelompok Tani,diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik.

    “Harapan saya, kepada seluruh petani harus mengutamakan komuditas tanaman pertanian yang ditanamnya, dalam artian memiliki nilai jual tinggi dan banyak dimintai masyarakat,” ungkap Nurhidayah.

    Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar, H.Kamaludin saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya menghim bau kepada seluruh ketua Kelompok Tani, agar mengingatkan kepada anggota taninya untuk memanfaatkan Alsintan dengan baik dan benar.

    “Kalau ada kelompok tani atau petaninya yang tidak memanfaatkan dan merawat alsintan, segera laporkan. Karena masih banyak kelompok tani lainnya yang memerlukan alsintan,” ujar Kamaludin.

    Menurut Kamaludin,alsintan pinjam pakai yang diserahkan Bupati secara simbolis, yakni Traktor Roda dua 1 Unit, Alat Tanam Padi 6 unit, Cor Planter Alat Tanam Jagung 24 unit dan 2 unit excaplator.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)