Disdukcapil Gumas Segera Launching Program KIA Disdukcapil Gumas Segera Launching Program KIA

FOTO : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunung Mas, Barthel.

KUALA KURUN – Belum lama ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas menggelar uji coba mencetak Kartu Identitas Anak (KIA).

“Hasilnya memang belum sempurna, seperti barcode atau tandatangan elektronik yang tidak simetris hingga fisik kartu yang melepuh. Namun semua itu akan segera kita atasi sehingga dalam waktu dekat program KIA akan dilaunching,” ungkap Kepala Disdukcapil Gunung Mas, Barthel, Selasa (15/10/2019).

Dirinya menargetkan, pada tahun 2020 mendatang sebanyak 40 ribu anak di Kabupaten Gunung Mas telah mengantongi KIA. Sebab itu, meskipun belum launching atau diresmikan namun masyarakat diminta secepatnya mengantarkan berkas persyaratan.

BACA JUGA:   Bupati Lepas Kontingen Asal Gumas yang Akan Mengikuti Pra-Popnas di Kalsel

“Pertama wajib memiliki akta kelahiran, kartu keluarga, KTP kedua orang tua, dan pas foto bagi anak diatas usia lima tahun. KIA diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak,” sebutnya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat untuk mengurus KIA di daerahnya cukup tinggi. Bahkan diperkirakan, pada akhir tahun 2019 nanti berkas permohonan KIA bakal membludak.

BACA JUGA:   Enam Partai Politik di Gunung Mas Jalani Verifikasi Faktual

“Blangkonya memang sudah tersedia, kami akan melakukan pengadaan kembali ditahun 2020. Semoga program yang merupakan amanah kementerian ini bisa berjalan sukses dan semua anak di Gunung Mas mempunyai KIA,” harapnya. (adn/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)