Cegah Banjir, Bambang Yantoko Minta HPH Dipertahankan

AHMAD/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko.

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, mengharapkan agar kawasan hutan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang berada di Dapil III yang meliputi, kecamatan,Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun harus dipertahankan.

“Jadi kawasan HPH yang berada di Dapil III tersebut harus dipertahankan untuk keselamatan kabupaten Seruyan kedepannya, karena jika itu digarap maka banyak dampak yang akan muncul,” kata Wakil Ketua DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Senin.

Menurutnya, jika hutan yang ada di daerah hulu Seruyan itu di babat habis maka bencana alam seperti bencana banjir akan melanda, bahkan daerah Dapil I dan II akan berimbas juga.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

“Jika hutannya tidak ada, maka kita di semua dapil ini akan mengalami dampak banjirnya, karena tidak ada resapan air atau penyangga air itu, oleh karena itu kami bersama pemerintah daerah akan mempertahankan hal tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, apalagi daerah aliran sungai (DAS) Seruyan tersambung dari hilir hingga hulu daerah tersebut, jika daerah atas banjir dan tidak ada penyangga hutan belantara, maka kemungkinan daerah hilir juga terkena dampak banjir tersebut.

“Daerah hulu merupakan dataran tinggi tentu jika di daerah tersebut tidak bisa menampung debit air yang meningkat akibat curah hujan yang cukup tinggi, besar kemungkinan air akan mengalir ke daerah yang lebih rendah yakni Dapil I dan II,” katanya.

BACA JUGA:   BI Kalteng Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Triliun pada Bulan Ramadhan dan Idulfitri

Ia menambahkan, masyarakat juga harus ikut berperan aktif untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam hal ini adalah hutan yang berada di Seruyan, karena hutan merupakan sumber kehidupan bagi manusia.

“Jadi kelestarian lingkungan ini harus kita jaga bersama-sama, agar tidak ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunduli hutan kita,” pungkas Bambang.

(ASY/beritasampit.co.id)