Promosikan Wisata Lokal, KNPI Kapuas Bersama Disbudpora Kibarkan Merah Putih di Pulau Kupang

PROMOSI WISATA : FAI/BERITA SAMPIT - Kepala Dispora H Suparman (Baju Putih) bersama Ketua KNPI Kabupaten Kapuas Irfan (baju biru) saat menyaksikan pengibaran bendera merah putih di Pulau Kupang.

KUALA KAPUAS – Jajaran pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kapuas bersama Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) setempat melakukan pengibaran bendera merah putih di Pulau Kupang, yang berlokasi di Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Pengibaran bendera yang juga melibatkan sejumlah organisasi kemasyarakat kepemudaan dan komunitas pemuda serta Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kabupaten Kapuas ini dilakukan guna menyemarakkan Dirgahayu ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung, Senin 17 Agustus 2020.

Selain melakukan pengibaran bendera, mereka juga melakukan wisata susur sungai di area Pulau Kupang tersebut menggunakan kelotok atau kapal mesin berukuran kecil, seraya melihat hewan permata Borneo yakni Bekantan.

“Kegiatan pengibaran bendera ini bertujuan untuk menyemarakkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 75 sekaligus melakukan wisata susur sungai,” kata Irfan, Ketua KNPI Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:   Ketua Bawaslu RI Kunjungi Kapuas

Lanjutnya kenapa memilih ke Pulau Kupang? Karena tempat tersebut memiliki potensi wisata. Mengingat di pulau itu terdapat populasi Bekantan.

“Kita saksikan bersama, tadi di pulau tersebut terdapat (hewan) Bekantan. Sehingga kami berkeyakinan, jika ini dikelola akan menjadi alternatif destinasi wisata, ekowisata, bagi warga Kapuas khususnya,” papar mantan Ketua HMI Kapuas tersebut.

Sambung Irfan, meski populasi Bekantan juga terdapat di daerah lain seperti Batanjung dan Kapuas Barat, namun untuk efesiensi dan efektivitas nampaknya di Kupang lebih bagus.

“Karena jarak tempuh dari Kota Kuala Kapuas Kupang lebih pendek, dan tidak jauh dari sana juga terdapat situs Kuta Bataguh. Untuk itu kami berharap hal demikian bisa menjadi perhatian pemerintah daerah melalui instansi terkait,” ucapnya.

BACA JUGA:   Merayakan Kemerdekaan dengan Panen Raya Padi

“Dengan hidupnya dunia kepariwisataan di Kapuas maka kami berkyekinan akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tambah Irfan.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kapuas H Suparman mengatakan, Pulau Kupang akan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan diperkenalkan dengan icon Bekantan-nya.

“Jika dikembangkan Pulau Kupang ini akan mampu mengimbangi tempat wisata Pulau Kembang di Banjarmasin,” tuturnya.

Dirinya mengapresiasi DPD KNPI Kabupaten Kapuas yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini, “Semoga ini menjadi awal kita untuk bersama-sama memperkenalkan pariwisata di Kabupaten Kapuas,” tutupnya. (Fai/beritasampit.co.id).