Simak! Ini Tips Menghadapi Covid-19 Dari Gubernur Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Masa pandemi Covid-19 ini masing-masing individu harus mampu menjaga kesehatan agar tidak tertular virus. Mayarakat Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat melakukan berbagai upaya yang tepat agar imun tubuh terus meningkat, dengan begitu tetap sehat selama masa pandemi.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam siaran pers, yang disampaikan melalui Juru Bicara Gugus Tugas Kalteng, dr Carolyn Ivone, yang disiarkan secara langsung dari gedung Smart Province Kalteng, Minggu 13 September 2020.

Dal rilis itu, Sugianto menyampaikan tips yang bisa dilakukan setiap hari untuk meningkatkan imun tubuh saat pandemi Covid-19, yaitu seperti istirahat yang cukup. Menurut national sleep foundation setidaknya diperlukan 7 sampai 9 jam tidur dalam sehari, maka dari itu istirahat yang cukup merupakan cara simpel meningkatkan imun tubuh.

Perlu diingat bahwa tanpa tidur cukup dalam sehari tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak dimana sitokin adalah sejenis protein yang digunakan melawan infeksi dan peradangan yang secara efektif mencipatakan respon imun tubuh.

BACA JUGA:   Ivo Sugianto Sabran Harap Bidan dan Kader PKK Bisa Sinergis dan Harmonis

Selain itu rutin berolahraga untuk merangsang kinerja antibodi dan sel darah putih, sehingga cocok jika dilakukan di masa pandemi. Olahraga mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan guna mengurangi risiko terjangkitnya penyakit.

Selalu makan makanan bergizi yang seimbang, konsumsi makanan penunjang sistem imun. Contohnya brokoli dan bayam. Di dalam dua jenis sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi dan vitamin A. Selain kedua sayur tersebut masih banyak lagi makanan yang bisa dikonsumsi guna meningkatkan imun tubuh seperti kunyit, bawang putih, jenis seafood (ikan, kerang, tiram) dan buah-buahan (lemon, jeruk, kiwi, jambu dan lain-lain).

Selanjutnya konsumsi banyak air putih agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dalam sehari setidaknya sebanyak 2 liter atau lebih untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme turun sehingga berpotensi tertular virus.

Kelola stress dengan baik, karena jika tidak dikelola akan memicu produksi hormon kortisol dalam jumlah besar sehingga melemahkan sistem tubuh. Kita bisa melakukan berbagai hal seperti olahraga ringan, beraktivitas hobi, aktif bersosialisasi bersama teman walau melalui telpon genggam dan lainnya.

BACA JUGA:   Kemendagri: APBD 2021 Harus Fokus Kegiatan Produktif

Menjaga kebersihan makanan. Mulai dari cara membersihkan bahan, proses pembuatan hingga perlengkapan saat makan dan minum, agar virus tidak masuk dalam tubuh manusia.

Sering berjemur. Asupan vitanim D sangat diperlukan untuk meningkatkan imun tubuh. Jika terkena paparan sinar matarahi pada jam 8-9 pagi intensitas waktu juga tidak perlu lama cukup 10-15 menit tiap kali. Harus dilakukan secara rutin kurang lebih 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Batasi penambahan gula. Asupan gula berpengaruh pada kelebihan berat badan seseorang. Secara tidak langsung dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Setidaknya kita harus mampu berusaha membatasi asupan gula kurang dari 5 persen dari gula kalori harian dan Konsumsi suplemen secara rutin. (Hardi/beritasampit.co.id).