Beranda Kotawaringin Kotawaringin Timur Rakor Camat Kota Besi dan Kades di Desa Palangan, Undang Dinas PMD...

Rakor Camat Kota Besi dan Kades di Desa Palangan, Undang Dinas PMD Kotim Bahas BUM Desa

FOTO BERSAMA : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Perwakilan Dinas PMD Kotim foto bersama usai Rakor Camat dan Kades se-Kecamatan Kota Besi, Kotim, Kalteng di Balai Pertemuan Desa Palangan.

SAMPIT – Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Kepala Desa Se-Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah terlaksana yang ketiga. Kali ini dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Palangan. Menariknya, agenda setiap bulan itu mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat.

“Rakor kali ini kami memang inginkan yang berbeda. Bedanya kami mengundang Dinas PMD Kotim sebagai narasumber,” ucap Camat Kota Besi Gusti Mukafi pada saat memberikan sambutan di hadapan yang hadir, Kamis 12 Mei 2022.

Dia menjelaskan, tujuan utama rakor ini sebagai ajang silaturahmi antara kepala desa Se-Kecamatan Kota Besi dan sekaligus untuk menyampaikan berbagai keluh kesah yang dialami kepala desa dalam memimpin desa.

“Kami mengundang narasumber dari Dinas PMD Kotim salah satu materinya tentang BUMDes dan rencana pembentukan BUMDes Bersama,” kata Mukafi yang juga pernah menjabat Plt Camat Baamang ini.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kotim melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Madya Eddy Mashamy mendorong seluruh kepala desa untuk mengembangkan BUMDes maupun BUMDes Bersama. Sebab, kata dia, untuk mengembangkan usaha milik desa itu yang diutamakan adalah penyertaan modal dan progres unit usaha yang akan dikembangkan sesuai dengan potensi yang ada di wilayah desa.

Ketua APDESI Kecamatan Kota Besi Iyansen mengharapkan seluruh desa yang ada di wilayah Kota Besi hendaknya membentuk BUMDes dan menempatkan orang pilihan supaya unit usaha yang akan dikembangkan benar-benar berjalan dan sukses.

Kepala Desa Palangan Delik Anastasius mengucapkan terima kasih karena desanya dijadikan sebagai tempat rakor camat dan kota besi yang ketiga kali. Dia juga menyampaikan bahwa kondisi di desanya dalam aman dan kondusif. (ifin/beritasampit.co.id).

Artikulli paraprakWagub Kalteng: Hardiknas Upaya Memajukan Dunia Pendidikan
Artikulli tjetërSDN 1 Palangan Usulkan Tambah Ruang Kelas Baru