Ortom Muhammadiyah Dukung Julianto pada Musda KNPI Kotim

Achmad Julianto dan Ketua PD Muhammadiyah Kotawaringin Timur Mudlofar (tengah) bersama ketua empat organisasi otonom Muhammadiyah saat deklarasikan dukungan pencalonan Achmad Julianto menjadi ketua KNPI Kotawaringin Timur, Kamis (26/5/2022). ANTARA/Norjani

SAMPIT – Organisasi otonom (Ortom) di bawah Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendeklarasikan dukungan terhadap Achmad Julianto yang akan mereka usung pada pemilihan ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada Musda Juni 2022.

“Kami melihat figur Kanda Achmad Julianto mampu jika dipercaya memimpin KNPI. Beliau juga sudah terbukti bisa merangkul semua pihak dalam berorganisasi,” kata Ketua Nasyiyatul Aisyiyah Kotim, Ayu Oktarizza di Sampit, Jumat 27 Mei 2022.

Deklarasi dukungan terhadap Achmad Julianto disampaikan di sela Musyawarah Daerah IV Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kotim. Hadir dalam kegiatan itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotim, Mudlofar.

Ada empat organisasi otonom yang mendeklarasikan dukungan tersebut yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IMM) yang diketuai Alfionita, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang diketuai Muhammad Nasir, Nasyiyatul Aisyiyah (NA) yang diketuai Ayu Oktarizza dan Pemuda Muhammadiyah (PM) yang diketuai Achmad Julianto.

BACA JUGA:   Alumni SMEA PGRI Sampit Adakan Reuni Perdana, Usung Tema Bukan Pamer Diri

Ayu Oktarizza yakin Julianto akan mendapat dukungan besar dan terpilih menjadi ketua KNPI Kotim menggantikan Endra Rosana yang berakhir masa jabatannya. Apalagi, Julianto dinilai memang memiliki kemampuan untuk memimpin organisasi pemuda tersebut.

Selama ini Julianto dikenal sebagai figur yang dapat diterima semua orang sehingga tidak ada pengotak-kotakan. Julianto juga aktif dalam pemberdayaan di bidang ekonomi kewirausahaan pemuda. Dia dinilai mampu memimpin KNPI Kotawaringin Timur.

“Saya berharap nantinya jika beliau terpilih maka pergerakan pemuda di Kotim jadi lebih baik dan berkolaborasi dengan semua pihak. Kesetaraan gender dan perlindungan anak juga diperjuangkan,” ujar Ayu.

Restu juga diberikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotim, Mudlofar. Dia berharap Julianto mendapat dukungan banyak pihak dan terpilih menjadi ketua KNPI Kotim.

“Kami mendukung mas Julianto untuk mencalonkan diri sebagai ketua KNPI Kotawaringin Timur. Saya melihat dari awal keterlibatan dia di organisasi mulai IPM, IMM, PM dan di KNPI. Insya Allah kalau KNPI ke depan dipimpin Julianto maka akan membawa pencerahan bagi Kotawaringin Timur,” ujar Mudlofar.

BACA JUGA:   Lapas Sampit Luncurkan Inovasi Patroli Listrik

Sementara itu Achmad Julianto menyatakan kesiapannya berkompetisi pada pemilihan ketua KNPI Kotawaringin Timur. Selain dukungan dari organisasi otonom Muhammadiyah, dia mengaku sudah mendapat rekomendasi dari 10 Dewan Pengurus Kecamatan KNPI setempat.

Untuk maju sebagai calon ketua KNPI Kotim, kandidat harus mengantongi dukungan minimal dari pengurus tiga kecamatan dan enam organisasi kepemudaan. Sementara jumlah suara yang akan diperebutkan diperkirakan sekitar 56 suara.

“Saya mengedepankan kebersamaan. KNPI adalah organisasi yang harus kita besarkan bersama-sama. Semua harus kita rangkul demi KNPI Kotawaringin Timur yang semakin maju,” kata Achmad Julianto.

ANTARA