Keberangkatan 139 Calon Jamaah Haji Kubu Raya Disiapkan

Bupati Kubu Raya Muda Mahendarwan saat membuka kegiatan manasik haji Kubu Raya (Istimewa)

KUBU RAYA – Kasubag TU Kemenag Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat Abu Bakar mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan keberangkatan bagi 139 calon jamaah haji 2022 dari daerah itu.

“Untuk persiapan keberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Kubu Raya terus dilakukan berdasarkan regulasi yang ada, meskipun selama dua tahun ini keberangkatan JCH tertunda,” kata Abu Bakar di Sungai Raya, Sabtu 28 Mei 2022.

Dia menjelaskan untuk proses persiapan keberangkatan tidak pernah berhenti, meskipun keberangkatan pada 2020 dan 2021 batal, proses pelayanan dan persiapan keberangkatan tetap dilaksanakan.

BACA JUGA:   Tambelan Sampit Destinasi Wisata Baru di Pontianak

Abu Bakar memaparkan pada tahun 2022 Kabupaten Kubu Raya mendapatkan kuota 139 calon jamaah haji untuk keberangkatan 2022, sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Kubu Raya mendapatkan kuota sebanyak 312.

“Karena pandemi, terjadi penurunan kuota keberangkatan jemaah haji, dan pada tahun ini Pemerintah Arab Saudi juga membatasi usia jamaah. Yang diperbolehkan berangkat haji itu usia 65 tahun ke bawah, untuk 65 tahun ke atas terpaksa ditunda,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendarwan mengatakan semangat dari calon jamah haji asal daerah itu luar biasa, terlebih selama pandemi COVID-19, dalam kurun waktu dua tahun ini keberangkatan haji tidak dilaksanakan atau tertunda.

BACA JUGA:   Upaya Museum Kalbar Jaga Kelestarian Wastra Datulu

“Ke depan, kita berharap kuota jamaah haji kita bertambah atau kembali normal seperti sebelum pandemi,” kata Muda.

Ia mengatakan Pemkab Kubu Raya akan mendukung perbaikan kualitas layanan jamaah haji asal Kubu Raya, dimana pihaknya terus memberikan berbagai bantuan kepada para jamaah haji agar mendapat kelancaran selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. (Antara/beritasampit.co.id).