Pemkab Barito Timur Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

Sekda Barito Timur Panahan Moetar membacakan sambutan Bupati Barito Timur Ampera A.Y. Mebas saat acara sosialisasi SP 2020 Lanjutan di Tamiang Layang, Kamis (9/6/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengajak masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020 Lanjutan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik di wilayah setempat.

“Salah satu data strategis yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pembangunan adalah data kependudukan,” kata Sekda Barito Timur Panahan Moetar di Tamiang Layang, Kamis 9 Juni 2022.

Menurutnya, data kependudukan dapat menggambarkan kekuatan dan potensi suatu wilayah serta bermanfaat dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan pembangunan sehingga diperlukan data kependudukan yang terintegrasi.

Data yang disajikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Barito Timur memiliki data penduduk dari catatan administrasi, sedangkan BPS Barito Timur memiliki data kependudukan dari pendataan penduduk melalui sensus.

BACA JUGA:   Pemkab Barito Timur Gencarkan Sosialisasi dan Pemeriksaan PMK Ternak

“Karena itu pentingnya data kependudukan untuk pembangunan, maka pengelolaan data kependudukan harus dilakukan secara cermat dan terintegrasi,” kata Panahan.

Dia menjelaskan SP2020 Lanjutan yang merupakan rangkaian kegiatan dari SP2020 yang telah dilaksanakan pada 2020. Kegiatan pengumpulan data SP2020 Lanjutan dilaksanakan secara bertahap.

Pemutakhiran data rumah tangga sudah selesai dilaksanakan, sedangkan pendataan rumah tangga saat ini sedang berjalan. Pendataan SP 2020 Lanjutan dilakukan pada rumah tangga terpilih sebagai sampel di wilayah Kabupaten Barito Timur yang tersebar di seluruh kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga telah memberikan dukungan atas pelaksanaan SP2020 Lanjutan. Khususnya di wilayah kabupaten tersebut, Bupati Ampera A.Y. Mebas sudah mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Barito Timur untuk berpartisipasi aktif dan mendukung SP2020 Lanjutan.

BACA JUGA:   Jembatan di Barito Timur Ambruk Akibat Banjir

Dia menjelaskan masyarakat perlu berpartisipasi dengan cara memberikan respons yang baik dan memberikan jawaban yang benar, jujur, dan apa adanya pada pelaksanaan SP 2020 Lanjutan.

“Sesuai petunjuk dan arahan Bupati Barito Timur Ampera A.Y. Mebas, perangkat daerah terkait serta aparat pemerintah baik tingkat kecamatan maupun desa dan kelurahan agar ikut mendukung dan berperan aktif pada kegiatan SP2020 Lanjutan,” demikian Panahan Moetar.

ANTARA