Komisi A DPRD Palangka Raya Tinjau Layanan Administrasi Kependudukan 

IST/BERITA SAMPIT - Rombongan dari Komisi A DPRD Kota Palangka Raya saat foto bersama usai melakukan kunjungan Kerja ke Disdukcapil Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Belum lama ini kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya yang tergabung dalam Komisi A Bidang Pemerintahan dan Keuangan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota setempat.

Rombongan dari Komisi A DPRD Kota Palangka Raya tersebut Wakil Ketua I Komisi A Dewan, Rusdiansyah didampingi Wakil Ketua II, Hj Mukarramah, Sekretaris Komisi A Noorkhalis Ridha dan Shopie Ariyani.

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan dari Komisi A, ingin melihat langsung dan memastikan jika proses pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat berjalan dengan maksimal.

“Kunjungan ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Palangka Raya guna melaksanakan tugas pengawasan ke perangkat daerah sebagai mitra kerja kami salah satunya adalah Disdukcapil,” terang Rusdiansyah dalam rilisnya, Jumat 10 Juni 2022.

Diratakannya, dalam kunjungan yang dilaksanakan oleh komisi A tersebut, tertarik dengan metode pelayanan adminduk melalui aplikasi Sistem Informasi Dukcapil Oloh Ita (SI-DOI) yang dapat diakses secara online.

BACA JUGA:   DPRD Palangka Raya Bentuk Pansus LKPD Pemkot tahun 2021

Sementara itu, Plt. Kepala Disdukcapil, H. Edie mengungkapkan, SI-DOI merupakan salah satu terobosan inovasi yang mampu memangkas waktu pelayanan dan antrean manual yang sebelumnya cukup banyak menumpuk.

“Melalui aplikasi berbasis web ini, masyarakat cukup mendaftar secara online bahkan bisa dari rumah dan akan mendapatkan nomor antrean, loket dan kepastian jam pelayanan serta tidak ada pembatasan jumlah masyarakat yang akan dilayani,”tutur Edie.

lebih lanjut ia menjelaskan, untuk penyebaran informasi telah disediakan melalui media sosial dan Website serta melakukan pemberitaan melalui media surat kabar secara berkala.

“Kita selalu berupaya agar seluruh informasi yang berkaitan dengan pelayanan adminduk sesegera mungkin akan disebarluaskan kepada masyarakat termasuk juga kanal pengaduan melalui WhatsApp Center dan Aplikasi LAPOR. Kami imbau agar masyarakat jangan pernah ragu menyampaikan keluhannya karena keluhan itu merupakan koreksi untuk kami agar lebih baik,”ungkapnya.

Dirinyapun menambahkan, Disdukcapil Kota Palangka Raya telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi dalam hal penerbitan dokumen kependudukan. Dimana Kerjasama yang sudah terjalin antara lain dengan Pengadilan Agama Palangka Raya melalui aplikasi SI-DUDU untuk penerbitan Akte Perceraian.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Palangka Raya Dukung Kerja Sama Sister City Pemberantasan Narkoba

Selanjutnya, Rumah Sakit Primaya Betang Pambelum, Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Palangka Raya untuk penerbitan Akte Kelahiran, KIA dan KK untuk bayi yang baru lahir.

“Ke depannya kerjasama ini akan terus kami kembangkan ke lembaga lain yang berkepentingan dengan adminduk seperti Klinik Bersalin, Puskesmas dan Rumah Sakit yang belum berkerjasama dengan Disdukcapil. Sedangkan untuk ketersediaan blanko KTP-El masyarakat tidak perlu khawatir karena stok yang ada sangat mencukupi,” tutup Edie.

Menutup kunker tersebut, rombongan Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah menyampaikan apresiasinya atas kinerja Disdukcapil Kota Palangka Raya yang semakin membaik dan berharap agar terus mengembangkan inovasi pelayanan berbasis teknologi informasi guna memberikan pelayanan yang membahagiakan bagi masyarakat Kota Cantik Palangka Raya

(M.Slh/beritasampit.co.id)