Dewan Kalteng Dorong Agar Koperasi Terus Berinovasi

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Natalia.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Natalia mendorong setiap koperasi di Kalimantan Tengah agar terus berinovasi dalam mengembangkan usaha agar bisa tetap eksis bertahan.

“Harapan saya, semua Koperasi di Kalteng ini harus bisa beradaptasi dan menerapkan transformasi dengan memanfaatkan akses teknologi atau digitalisasi supaya tidak tertinggal oleh kemajuan zaman,” katanya melalui rilis yang diterima pada Jumat 24 Juni 2022.

Natalia menjelaskan, ada tiga hal penting yang harus dikuasai, yakni teknologi, kesiapan program dan proses yang benar, serta kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Dirinya menilai, kalau semua point tersebut telah dikuasai, maka akan mempermudah pihak koperasi untuk bisa menyesuaikan diri dan berkembang dengan baik.

BACA JUGA:   Dewan Imbau Pemda Lakukan Percepatan Pembangunan

“Koperasi juga harus bisa mengaplikasikan software terbaru serta juga perlu adanya pembaruan pada model bisnis, manajemen, dan pelayanannya kepada masyarakat luas,” lugasnya.

Konsep utama kata Natalia, adalah dalam industri 4.0 menuju 5.0 adalah membangun informasi sosial dan teknologi yang tetap terhubung dengan kehidupan keseharian masyarakat.

“Perlu adanya pembenahan pada pola pikir masyarakat terhadap koperasi dan bagaimana agar model bisnis koperasi tersebut dapat berjalan dengan baik, melalui koperasi yang bisa beradaptasi dan bertransformasi menjadi lebih modern dengan memanfaatkan teknologi digital yang semakin canggih saat ini,” tandasnya.

BACA JUGA:   Tangani Banjir, Dewan Harap Pemprov Kalteng Segera Lakukan Reboisasi

Natalia berharap ke depan koperasi bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk berbelanja serta bisa juga berkompetisi maupun mengimbangi dengan retail yang ada saat ini.

“Sejauh ini, sudah ada beberapa koperasi di Indonesia yang telah mulai bertransformasi, khususnya koperasi yang didanai oleh perusahaan swasta. Kita berharap di Kalteng juga bisa menerapkan hal itu, agar bisa bersaing dalam pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat,” jelasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).