Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Dinilai Belum Dijalankan Sebagian OPD 

M.Slh/BERITA SAMPIT - Juru bicara Fraksi Partai Demokrat, Cici Susilawati saat memberikan Pemandangan Umum Fraksi terhadap Pidato Pengantar Bupati Gunung Mas.

KUALA KURUN – Juru bicara Fraksi Partai Demokrat, Cici Susilawati mengatakan, Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Gunung Mas menilai bahwa visi-misi dan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2019-2024 belum terlalu dijalankan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Hal ini disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD ke-II massa sidang III tahun 2022 tentang Pidato Pengantar Bupati Gunung Mas tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gunung Mas tahun anggaran 2021. Serta Raperda Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rencana Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023, yang di laksanakan di Aula Paripurna DPRD Gunung Mas, Selasa 5 Juli 2022.

Dalam paparannya, Cici Susilawati menyampaikan beberapa saran dan masukan kepada Pemda, bahwa Fraksi Partal Demokrat meniai serta mencermati hasil dari Anggaran yang sudah dilaksanakan bagi peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta berujung kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat

BACA JUGA:   Reses Perorangan, Untung Jaya Bangas Harapkan Ini ke Masyarakat

Fraksi Demokrat menilai masih banyak kekurangan serta program dan kegiatan yang masih belum menyentuh kepada kesejahteraan masyarakat. Dimana program dan kegiatan masih belum menyentuh terhadap kesejahteraan masyarakat, banyak program dan kegiatan yang hanya bersifat Internal di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, dan tidak menyentuh serta tidak menjalani Visil Misi serta Program Unggulan yang sudah ditetapkan oleh Bupati, Wakil Bupatl Priode 2019-2024, yaitu Smart Argo, Smart Tourism dan Smart Human Resource.

“Sampai saat ini tga tahun perjalanan Pemerintah Daerah dalam kepemimpinan periode ini, Visi-Misi Itu hampir tidak ada yang berjalan sesuai dengan harapan,” terang Cici Susilawati.

Lebih lanjut Cici Susilawati menjelaskan, Fraksi Partai Demokrat menilai, bahwa di masing masing OPD masih belum bisa berinovasi dalam menterjemahkan Visi-Misi dan Program Unggulan yang ditetapkan oleh Bupati Wakil Bupati periode ini.

“Terbukti dalam penilaian Inovasl Perangkat Daerah, Kabupaten Gunung Mas berada di peringkat 345, dengan penilaian Daerah yang tidak bisa berinovasi. artinya selama ini apa yang menjadi Program dan Kegiatan masih mencontoh Daereh lain atau Copy Paste dari Daerah lain,” tuturnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas berikan jawaban terkait Usulan Pembagunan Insfratruktur Jalan 

“Terbukti dalam Lomba Inovasi Perangakat Daerah tahun ini, dari tiga putuh delapan Organisasi Perngakat Daerah dan dua belas kecamatan yang ada di Lingkup Kabupaten Gunung Mas, hanya delapan yang berani mengikuti Lomba Inovasi Perangkat Daerah tersebut,” tambah Cici Susilawati.

Untuk itu Fraksi Partai Demokrat memberikan saran kepada Setiap Organisasi Perangkat Daerah, agar fokus dalam menjalankan Visi-Misi dan program unggulan yang sudah ditetapkan, yaitu Smart Argo, smart Tourism, Smart Human Resource, untuk mencapai masyarakat sejahtera dan bermartabat.

“Setiap OPD harus mempunyal Inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat yang memang sesuai dengan keadaan sosial budaya masyarakat. Setiap perangkat daerah harus sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD dalam menjalankan aturan sesuai dengan aturan dan perundang undangan yang berlaku di Republik Indonesia,” tutupnya.

(M.Slh/beritasampit.co.id)