Kantor BPN Kotim Buka Layanan pada Hari Sabtu, Khusus yang Mandiri

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor BPN Kotim Jhonsen Ginting

SAMPIT – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kotawaringin Timur, membuka Layanan Mandiri Sabtu (LAMAS) bagi masyarakat yang ingin membuat sertifikat baru, pemecahan, balik nama dan juga penggabungan, semua pelayanan bisa diberikan.

“Sebenarnya sejak bulan Januari 2022 lalu kami sudah buka program LAMAS ini. Awalnya sih kita buka di hari Sabtu khusus untuk pengambilan sertifikat yang PTSL, karena jika kita paksakan di jam kerja akan berjubel, jadi kita buka aja hari Sabtu untuk mengambil sertifikat,” jelas Kepala Kantor BPN Kotim Jhonsen Ginting, Kamis 14 Juli 2022.

Melihat animo masyarakat sangat tinggi dihari Sabtu, menjadi inisiatif BPN Kotim mencoba memberikan pelayanan khusus untuk masyarakat yang mengurus sendiri.

“Kita kemudian membuat jadwal ternyata pelayanannya normal dan pegawai pun sudah mulai mengikutinya, jadi kita jadwal secara pergantian setiap minggunya kepada petugas yang melayani pembuatan sertifikat Mandiri di hari Sabtu,” ungkapnya

BACA JUGA:   SDN 1 Baamang Tengah Gelar Lomba Hias Ruang Kelas

Ginting mengungkapkan, Program tersebut juga menindaklanjuti instruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, membuka pelayanan mandiri dihari Sabtu dan Minggu.

“Untuk sementara kita hanya buka di hari Sabtu saja. Jadi setiap hari Sabtu kita buka layanan, tapi khusus untuk layanan tanpa melalui kuasa atau Mandiri yakni masyarakatnya sendiri yang datang atau pemohon langsung,”paparnya

Pelayanan dihari Sabtu diakui Ginting mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat, mengingat tipe masyarakat di Kotim sebagian besar berada di perkebunan.

“Senin sampai Jumat mereka bekerja di kebun, hari Sabtu mereka libur dan meluncur ke Sampit, jadi momen ini yang tepat untuk mereka yang ingin membuat dokumen atau sertifikat tanah,” kata Ginting.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Mentaya Hilir Utara Raih Juara Semua Cabang Lomba

Sedangkan waktu pelayanan mandiri di hari Sabtu, BPN Kotim membuka dari pukul 09.00 Wib sampai 12.00 Wib siang.

“Untuk wilayah Kalimantan Tengah, baru Kantor BPN Kotawaringin Timur yang melaksanakan program LAMAS ini,” ucapnya.

Ginting berharap masyarakat bisa menggunakan layanan di hari Sabtu tersebut, karena semua kegiatan pelayanann dibuka. Dan bagi masyarakat yang datang sendiri akan diberikan diskon waktu khusus dibandingkan dengan yang pakai kuasa.

“Kita ingin menggairahkan kembali masyarakat mengurus sendiri, jangan melalui perantara, pihak ketiga atau jasa. Datanglah hari Sabtu, syaratnya dilengkapi secara umum sama seperti hari kerja,”katanya.

“Melalui program LAMAS ini, masyarakat bisa lebih mudah lebih cepat dan ekonomis untuk bisa membuat Sertifikat,”tandasnya. (Cha/beritasampit.co.id)