Master Plan Pembangunan Taman Kehati di KTH Sidodadi Rawa Sari Disepakati

PROGRAM : IST/BERITA SAMPIT – Suasana musyawarah kesepakatan pembangunan taman Kehati di balai Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Pemerintah Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), mengadakan musyawarah kesepakatan master plan pembangunan taman Keanekaragaman Hayati (Kehati). Kegiatan dipusatkan di balai pertemuan desa setempat.

Kepala Desa Rawa Sari Sigit Pranoto mengatakan, sebelum dilaksanakan tugas pemerintah desa terlebih dahulu menawarkan program ini kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) yang ada di desa, karena ada dampaknya ketika pembangunan itu nantinya dikerjakan.

“Dampaknya pada lahan dan ekosistem yang ada pada areal pembangunan, melalui musyawarah inilah diharapkan tidak ada ganti baik lahan maupun tanaman yang terkena dampak pembangunan nantinya,” ucap Sigit melalui rilis yang diterima redaksi media siber beritasampit.co.id, Senin 25 Juli 2022.

BACA JUGA:   Stok Beras di Gudang Bulog Sampit Capai Ratusan Ton, Cukup hingga Idul Fitri

Dia menjelaskan, master plan pembangunan taman Kehati ini diarahkan ke KTH Sidodadi, sebab, menurut Sigit, KTH ini telah melakukan penanaman pohon sengon seluas 78 hektar sejak 2020-2021.

“Setelah kesepakatan master plan ini diterbitkan, kami akan teruskan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim sebagai bahan yang akan disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” tegas Sigit.

Sigit menegaskan, setelah disepakati pemerintah desa tidak tinggal diam, melainkan akan terus memperjuangkan sampai pembangunan taman Kehati benar-benar terealisasi di KTH Sidodadi.

BACA JUGA:   Polisi Bidik Sejumlah Kasus Tipikor di Kotim

“Kami siap memperjuangkan apa yang sudah disepakati, setidaknya kami harapkan tahun depan terealisasi karena dampaknya positif dan sangat besar untuk desa rawa sari khususnya dan Pulau Hanaut pada umumnya,” janjinya.

Sekadar diketahui, musyawarah kesepakatan pembangunan taman Kehati dihadiri Camat Pulau Hanaut Sufiansyah, DPMD Kotim diwakilkan Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Madya Eddy Mashami, kepala desa, Kepala BPP Pulau Hanaut, BPD Rawa Sari, Babinsa Rawa Sari, Bhabinkamtibmas Rawa Sari, ketua dan anggota KTH Sidodadi. (ifin).

(Visited 19 times, 1 visits today)